Polda Metro Jaya Berharap Street Race Bisa Hilangkan Aksi Balap Liar

Kompas.com - 18/01/2022, 15:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) resmi membuka ajang Street Race sebagai wadah untuk para pembalap liar, balapan digelar di kawasan Ancol, Minggu (17/01/2022) lalu.

Melalui ajang resmi ini diharapkan tidak ada lagi kegiatan balap liar di kawasan hukum Polda Metro Jaya, dikarenakan balapan liar membahayakan keselamatan banyak pihak.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, nantinya setiap joki, pemilik bengkel, ataupun mekanik yang kerap melakukan aksi balap liar akan diberikan wadah untuk melakukan kegiatan tersebut.

Baca juga: Sosialisasi Mobil Listrik, Kemenhub Gelar Touring Jakarta-Jambi

Polisi mencatat setidaknya ada 39 titik di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang rawan digunakan untuk balap liar.

“Ada 39 lokasi di seluruh wilayah Polda Metro jaya, yang sering dijadikan aksi balapan liar,” ucap Sambodo, Senin (17/01/2022).

Para pebalap atau perwakilan saat sedang mendaftarkan diri untuk mengikuti street race di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Para pebalap atau perwakilan saat sedang mendaftarkan diri untuk mengikuti street race di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).

Selanjutnya, ajang Street race akan digelar secara rutin dalam waktu dekat akan digelar di Tangerang Selatan, Bekasi, dan Tangerang.

Diharapkan melalui ajang ini angka kecelakaan yang terjadi dalam aksi balap liar bisa ditekan.

“Kecelakaan balap liar cenderung tidak tercatat karena tidak dilaporkan. Mereka tabrakan, kecelakaan, langsung dibawa sehingga mereka tidak lapor ke kami,” kata Sambodo.

Baca juga: Makin Canggih, Yuk Berkenalan dengan Ragam Teknologi Keamanan MPV Zaman Sekarang

Tak hanya itu, ajang balap ini juga disebut bisa menjadi wadah bagi para pembalap yang ingin menyalurkan hobi mereka di tempat yang resmi dan telah ditentukan.

“Mereka kami berikan wadah untuk melaksanakan balapan di tempat yang sudah ditentukan, sehingga keamanan lebih terjamin,” ucapnya.

Sambodo juga mengungkapkan, bahwa street race yang diadakan Polda Metro Jaya ini mengharuskan setiap pembalap menggunakan helm demi keamanan.

Selain itu, peserta usia di bawah 17 tahun juga harus mendapatkan izin dari orang tua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.