Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2022, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Indonesia menggebrak awal tahun 2022 dengan meluncurkan Yamaha Fazzio. Skutik dengan desain retro modern ini jadi lawan baru Honda Scoopy.

Secara kapasitas mesin Fazzio dan Scoopy memang berbeda, tapi menilik desain retro modern dan target konsumen yang mengincar kawula muda maka keduanya dapat disejajarakan.

Baca juga: Sebelum Ganti Pelek Mobil, Pahami Dulu Hal Ini

Desain

Fazzio puya desain yang menggabungkan desain membulat dan mengotak atau sering disebut boxy. Secara garis besar tampilannya masih terlihat retro modern tapi tidak terkesan klasik.

All New Honda Scoopy KOMPAS.com/Gilang All New Honda Scoopy

Lampu depan berbentuk oval, kemudian di bawahnya terlihat ada bentuk "dasi" dan sein di kiri-kanan warna kuning yang juga berbentuk oval. Sepatbor depan sedikit runci tapi masih dapat desain retro.

Beralih ke belakang bentuknya sedikit mengotak. Sekilas sedikit mengingatkan bentuk Yamaha Qbix yang masuk ke Indonesia lewat importir umum. Kaki-kakinya juga berbeda dengan skutik 125cc Yamaha karena pakai pelek 12 inci seperti Freego.

Adapun Scoopy syarat desain retro modern. Lampu depan Scoopy bebentuk bulat, pun demikian dengan lampu belakang yang mengikuti lampu depan.

Scoopy memakai pelek 12 inci yang membuat tampilannya berbeda. Berbeda dengan banyak skutik entry level di kelasnya yang pakai lingkar 14 inci.

Baca juga: Penjualan Mobil Murah Sepanjang 2021, Sigra Terlaris

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

Fitur

Skutik baru ini sudah dilengkapi dengan lampu LED, speedometer digital, smart key alias keyless, dan double hook carabiner.

Kemudian motor juga dilengkapi Yamaha Motorcycle Connect yang dapat terkoneksi ke ponsel lewat aplikasi Y-Connect. Fitur ini sebelumnya dipakai di All New Aerox dan All New Nmax dan R15 Connected.

Lewat Y-connect pengendara dapat update notifikasi telepon dan pesan, lokasi parkir, rekomendasi perawatan (Engine Oil dan Battery /Accu), konsumsi bahan bakar, dan notifikasi malfunction.

Baca juga: Federal Oil Yakin Gresini Racing Tampil Kompetitif dengan Ducati

All New Honda ScoopyKOMPAS.com/Gilang All New Honda Scoopy

Kemudian seperti nama yang diusung yaitu Fazzio Hybrid dilengkapi dengan teknologi elektrikal untuk menambah daya dorong.

Mesin 125 cc dengan teknologi Blue Core Hybrid ini memiliki dua sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start (EPAS).

Pada mesin Fazzio Hybrid, electric power assist start yang berasal dari daya baterai berfungsi untuk membantu tarikan awal mesin pada 3 detik pertama, dengan menggabungkan dua sumber tenaga yaitu mesin dan EPAS.

Baca juga: 556.745 Kendaraan Sudah Uji Emisi di DKI Jakarta

Jajal All New Honda Scoopy di  AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat.Foto: AHM Jajal All New Honda Scoopy di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com