Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Motor Tahun Lalu Meningkat, Ini Kata AISI

Kompas.com - 12/01/2022, 14:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPenjualan sepeda motor nasional pada 2021, tercatat mengalami pertumbuhan dibandingkan tahun sebelumnya.

Perolehan akumulatif pada tahun lalu menembus 5.057.516 unit, atau naik 38 persen dibandingkan 2021, yakni sebanyak 3.660.616 unit.

Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial AISI, mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat penjualan motor nasional bertumbuh.

Baca juga: Wacana Pakai Roof Box Bisa Kena Tilang, Ini Tanggapan Komunitas

Yamaha FreeGo dipamerkan di acara pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Kamis (1/11/2018). Pameran sepeda motor terbesar di Indonesia ini menghadirkan motor-motor keluaran baru dari berbagai merek, dan akan berlangsung hingga 4 November 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Yamaha FreeGo dipamerkan di acara pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Kamis (1/11/2018). Pameran sepeda motor terbesar di Indonesia ini menghadirkan motor-motor keluaran baru dari berbagai merek, dan akan berlangsung hingga 4 November 2018.

“Harga komoditi cukup bagus buat para petani perkebunan (karet dan CPO). Kemudian, keberhasilan pelaksanaan PPKM sangat mendorong kegiatan ekonomi masyarakat,” ujar Sigit, kepada Kompas.com (12/1/2022).

Selain itu, Sigit juga mengatakan, kegiatan vaksinasi massal memberikan keyakinan pada masyarakat untuk bisa melakukan mobilitas, serta menumbuhkan kepercayaan pada konsumen.

“Kegiatan jaringan pemasaran anggota AISI dapat beroperasi penuh dibanding tahun lalu, dan didukung oleh pihak leasing dalam pendanaan sepeda motor,” kata Sigit.

Baca juga: Bocoran Harga Toyota Fortuner 2.800 cc yang Sebentar Lagi Meluncur

All New Honda PCX 160Foto: AHM All New Honda PCX 160

Melihat segmentasinya, penjualan scooter atau skuter matik (skutik) pada tahun lalu berkontribusi 87,58 persen secara akumulatif.

Sementara di urutan kedua, terdapat underbone atau motor bebek sebanyak 6,30 persen. Lalu segmen sport berada tipis di bawahnya 6,12 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com