Kompas.com - 17/01/2022, 13:21 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Awal tahun 2022, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggebrak dengan meluncurkan skutik baru kelas 125cc, yaitu Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.

Yamaha mengatakan Fazzio Hybrid masuk dalam keluarga baru Yamaha yaitu Classy Yamaha. Kategori ini merupakan kategori baru setelah pabrikan mempunyai keluarga Maxi Yamaha

Seperti bocoran yang hadir beberapa saat lalu Fazzio Hybrid memiliki desain yang simpel dan modern. Tampilannya disebut mewakili kebutuhan anak muda dalam mengekspresikan diri.

Baca juga: Skutik Retro Yamaha Fazzio Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 21 Jutaan

Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.Foto: Yamaha Yamaha Fazzio Hybrid - Connected.

Tapi kelebihan Fazzio Hybrid bukan cuma desain melainkan fitur yang disusung. Skutik baru ini seudah dilengkapi dengan lampu LED, speedometer digital, smart key alias keyless, dan double hook carabiner.

Motor juga dilengkapi Yamaha Motorcycle Connect yang dapat terkoneksi ke ponsel lewat aplikasi Y-Connect. Fitur ini sebelumnya dipakai di All New Aerox dan All New Nmax dan R15 Connected.

Fazzio Hybrid merupakan skutik Yamaha pertama di kelas 125cc yang memakai Y-connect.

Lewat Y-connect pengendara dapat update notifikasi telepon dan pesan, lokasi parkir, rekomendasi perawatan (Engine Oil dan Battery /Accu), konsumsi bahan bakar, dan notifikasi malfunction.

Seperti nama yang diusung yaitu Fazzio Hybrid dilengkapi dengan teknologi elektrikal untuk menambah daya dorong penggerak.

Mesin 125 cc dengan teknologi Blue Core Hybrid ini memiliki dua sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start (EPAS).

Yamaha Fazzio Hybrid - ConnectedFoto: Yamaha Yamaha Fazzio Hybrid - Connected

Baca juga: Dovizioso Ungkap Alasan Utama Berpisah dengan Ducati

Tambahan tenaga tersebut membuat akselerasi awal lebih bertenaga dan halus khususnya ketika membawa penumpang, barang, dan jalan menanjak.

"Dalam kondisi normal baterai atau aki berfungsi untuk menghidupkan motor. Setelah hidup daya baterai akan diisi kembali oleh SMG. Pada mesin Fazzio Hybrid, electric power assist start yang berasal dari daya baterai berfungsi untuk membantu tarikan awal mesin pada 3 detik pertama, dengan menggabungkan dua sumber tenaga yaitu mesin dan EPAS," kata Yamaha dalam persentasi, Senin (17/1/2022).

Kemudian juga dilengkapi One Push Start yang membuat mesin cepat menyala serta Stop & Start System yang dapat mematikan mesin secara otomatis saat motor selama lima detik.

Kapasitas tangki bahan bakar 5,1 liter, adapun kapasitas bagasi 17,8 liter diklaim yang terbesar di kelasnya. Sehingga dapat menampung barang bawaan lebih banyak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.