Mengenal KTM 450 Rally, Motor Danilo Petrucci di Reli Dakar 2022

Kompas.com - 12/01/2022, 12:22 WIB
KTM 450 Rally Factory Replica KTM.comKTM 450 Rally Factory Replica

JAKARTA, KOMPAS.com – Mantan pebalap MotoGP, Danilo Petrucci, sempat membuat heboh ajang balap Reli Dakar 2022. Pebalap asal Italia ini baru saja memecahkan sejarah di ajang reli maraton ini.

Setelah sempat dinyatakan finis di posisi kedua, Petrucci kemudian dinyatakan sebagai pemenang etape 5 Reli Dakar 2022. Ia naik dari P2 ke P1, setelah Toby Price yang finis terdepan mendapat penalti.

Kemenangan ini membuat Petrucci menjadi mantan pebalap MotoGP pertama dalam sejarah, yang bisa memenangkan etape balapan Reli Dakar. Prestasi yang sangat luar biasa, mengingat Petrucci adalah seorang rookie di Reli Dakat edisi kali ini.

Baca juga: Bocoran Honda Super Cub Versi 2022, Pakai Mesin Baru 110 cc

Danilo Petrucci akan menjajal reli DakarFoto: Motorcycle.com Danilo Petrucci akan menjajal reli Dakar

Selain talenta dan kemampuan yang mumpuni, performa Petrucci tak lepas dari tim Tech3 KTM Factory Racing yang mengusung tunggangan KTM 450 Rally.

Melihat dari situs resminya, KTM 450 Rally menggunakan mesin bersilinder tunggal 449,3 cc dengan transmisi 6 speed. Bisa dibayangkan bagaimana kemampuan Petruci, menangani handling motor dengan distribusi power dan torsi pada mesin satu silinder.

Untuk versi 2021, KTM telah merubah paket mesin dengan girboks anyar dan mekanisme perpindahan gigi yang direvisi.

Baca juga: Bocoran Harga Toyota Fortuner 2.800 cc yang Sebentar Lagi Meluncur

KTM Rally 450 tunggangan Danilo PetrucciGPONE.com KTM Rally 450 tunggangan Danilo Petrucci

Unit baru ini memakai girboks dari PANKL Racing Systems, yang menghasilkan penyebaran gigi yang lebih linier, dan mempertahankan rasio gigi agar sesuai dengan mesin Red Bull KTM Factory Racing.

Selain itu gir baru juga disebut memberikan pengiriman daya sempurna untuk menghadapi medan yang tidak terduga. Para pengguna juga bakal dimanjakan dengan peningkatan performa dan juga nafas dari pergantian gigi yang lebih panjang.

Demi mempertahankan formula replika reli tetap utuh, saluran gas buang tetap memakai knalpot dari Akrapovic kualitas premium.

Baca juga: Toyota Fortuner 2.800 cc Sudah Bisa Dipesan, Setiap Diler Dijatah

Suara yang dihasilkan juga lebih merdu. Buat menyelaraskan sebagai motor kompetisi terberat di dunia, KTM sedikit mengubah beberapa spesifikasi teknis agar lebih bertenaga dan mudah dikendalikan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.