Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petrucci Sudah Pede Bisa Podium di MotoGP Le Mans

Kompas.com - 12/10/2020, 07:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Danilo Petrucci akhirnya kembali bisa merasakan podium utama. Pebalap Ducati tersebut berhasil memenangi balapan di MotoGP Le Mans di Prancis.

Petrucci mengawali balapan dengan start dari urutan ketiga. Lima menit sebelum balapan dimulai, hujan pun turun membasahi semua area sirkuit.

Baca juga: Hasil MotoGP Perancis 2020, Petrucci Juara, Marquez Menggila

Sempat ditunda, balapan pun kembali dilanjutkan dengan status wet race. Petrucci mengklaim dirinya memang andal balapan dalam kondisi basah alias wet race.

Danilo Petrucci saat berlaga di MotoGP Le MansJEAN-FRANCOIS MONIER Danilo Petrucci saat berlaga di MotoGP Le Mans

"Musim ini dimulai dengan sangat berat untuk saya, tapi setelah Barcelona saya percaya diri bisa naik podium di Le Mans. Saya tidak menyangka hujan, tapi saya ada di depan sepanjang akhir pekan," ujar Petrucci, dikutip dari Speedweek.com.

Petrucci mengatakan, meski kondisi kering sekalipun, ia yakin tetap bisa bersaing untuk mendapatkan podium. Strategi yang digunakannya saat balapan juga berhasil.

"Selepas start, saya meyakinkan diri untuk memimpin secepat mungkin, sehingga saya bisa menghindari semua kesulitan. Saya tidak tahu seberapa banyak air di trek, taoi secara bertahap saya mendapat ritme yang baik," kata Petrucci.

Baca juga: Pertama Naik Podium Jadi Pembuktian Alex Marquez di MotoGP 2020

Petrucci menyebutkan bahwa tahun ini adalah tahun yang gila baginya. Sebelum MotoGP 2020 dimulai, dia sudah kehilangan posisinya di Ducati.

"Rasanya seperti tidak ada yang percaya saya. Tapi, lalu ada pergerakan di bursa transfer pebalap dan pihak lain percaya saya. Lalu, kami mendapat ban belakang yang membuat saya kesulitan," ujar Petrucci.

Rider Ducati, Danilo Petrucci, mengucapkan selamat kepada Maverick Vinales setelah rider Yamaha tersebut memenangi MotOGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, 20 September 2020.AFP/ANDREAS SOLARO Rider Ducati, Danilo Petrucci, mengucapkan selamat kepada Maverick Vinales setelah rider Yamaha tersebut memenangi MotOGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, 20 September 2020.

Masalah ban belakang sempat membuatnya kesulitan pada beberapa seri. Baru setelah sesi tes di Misano dan di Barcelona, motor Ducati miliknya mulai bisa dikendarai sesuai keinginan.

Selama di Ducati, Petrucci berhasil meraih kemenangan pertamanya di MotoGP Mugello 2019. Lalu, naik podium lagi di MotoGP Catalunya 2019.

Musim ini, Petrucci memberikan hadiah perpisahan yang manis berupa kemenangan pertama Ducati di Sirkuit Le Mans. Musim depan, pebalap yang pernah berprofesi sebagai polisi ini akan bergabung dengan KTM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com