Bocoran Honda Super Cub Versi 2022, Pakai Mesin Baru 110 cc

Kompas.com - 11/01/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comHonda Super Cub C125 dipasarkan pertama kali di Indonesia pada 2018 lalu. Motor bebek ini merupakan hasil evolusi dari Super Cub C100. Desainnya dibuat tetap memiliki sentuhan retro, tapi pada saat yang bersamaan juga terkesan modern.

Menurut laporan Young Machine (10/1/2022), Honda kabarnya tengah menyiapkan model baru Super Cub yang disiapkan untuk pasar Thailand.

Untuk diketahui, jika sebuah motor Honda meluncur di Thailand, bukan tak mungkin motor tersebut juga bakal dipasarkan di sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Baca juga: Polisi Sebut Pakai Roof Box Tidak Ditilang, tapi Ada Syaratnya

Honda Super Cub 110YOUNG-MACHINE.com Honda Super Cub 110

Artinya, model baru Super Cub nanti bisa saja menyapa para penggemarnya di Tanah Air. Apalagi motor bebek ini mendapatkan ubahan yang cukup masif.

Berbeda dengan tipe C125, kini Super Cub 110 tidak menggunakan rem cakram. Melainkan rem tromol di depan dan belakang, seperti bebek lawas pada zamannya.

Selain itu, Super Cub di Thailand ini bakal mengusung jok yang lebih besar untuk dua orang penumpang. Bukan jok lebar khusus satu orang saja.

Baca juga: Honda Giorno Meluncur, Skutik Retro Lebih Mungil dari Scoopy

Honda Super Cub 110YOUNG-MACHINE.com Honda Super Cub 110

Honda juga kembali menyematkan behel krom yang memanjang buat penumpang belakang, seperti motor bebek keluaran 1990-an.

Suspensi depan dan belakang memiliki jarak main yang lebih panjang untuk meningkatkan kualitas pengendaraan dan performa ketika dibawa lari.

Pada bagian dasbor, terlihat spidometer dengan layar digital LCD yang dikombinasikan dengan analog. Layar ini menampilkan indikator posisi gigi, meteran bahan bakar, konsumsi bahan bakar, jam, trip meter, dan lain-lain.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Kekurangan Mobil Mesin Diesel

Honda Super Cub 110YOUNG-MACHINE.com Honda Super Cub 110

Bicara soal dimensi, Super Cub 110 memiliki ukuran (PxLxT) 1.876 mm x 698 mm x 1.042 mm, serta jarak sumbu roda 1.224 mm. Motor ini memiliki tinggi jok 744 mm dan berat kendaraan 98 kg.

Selain tampilan dan spesifikasi, ubahan mencolok juga terlihat dari dapur pacu. Kini mesin menggunakan unit SOHC silinder tunggal 4-tak, berpendingin udara, dengan kapasitas 109.5 cc.

Mesin ini kabarnya memiliki karakter yang kuat dalam akselerasi atau over stroke. Meski begitu, Honda belum mengumumkan rincian spek resmi, serta berapa tenaga yang dihasilkan mesin tersebut.

Perihal harganya, Super Cub model 2022 dengan spesifikasi Thailand kabarnya mengalami sedikit kenaikan harga. Dari sebelumnya 47.400 baht atau setara Rp 20,1 jutaan, menjadi 47.700 baht atau setara Rp 20,2 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.