Teledor Buka Pintu Mobil, Ganti Kerusakan Bisa sampai Jutaan Rupiah

Kompas.com - 12/01/2022, 10:22 WIB
Ilustrasi buka pintu mobil facebookIlustrasi buka pintu mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian penumpang atau pengemudi yang asal membuka pintu samping lalu mengenai pengendara motor memang kerap terjadi. Misalnya video yang diunggah akun info_jabodetabek di Instagram.

Pada video dari CCTV tersebut terlihat penumpang mobil yang menepi asal membuka pintunya. Kemudian, pengendara motor dari arah belakang menabrak pintu mobil yang tiba-tiba terbuka tadi, tabrakan pun tidak bisa dihindari.

Kebiasaan penumpang atau pengemudi yang membuka pintunya sembarangan sebenarnya juga merusak kendaraan. Bahkan, biaya perbaikannya bisa sampai jutaan rupiah.

Baca juga: Bocoran Honda Super Cub Versi 2022, Pakai Mesin Baru 110 cc

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Jabodetabek (@info_jabodetabek)

 

Service Head Auto2000 Cilandak Suparna menjelaskan, kerusakan dari motor yang menabrak pintu mobil yang terbuka bisa beragam. Namun, yang pasti, dudukan pintu bisa rusak bahkan patah.

“Pasti akan berubah bentuk terutama di dudukan engsel, baik yang di sisi pintu atau di bodi. Jika engsel rusak, pintu jadi susah ditutup rapat,” ucap Suparna kepada Kompas.com, Selasa (11/1/2022).

Jika dilihat dari video tersebut, Suparna mengatakan bahwa pintunya tidak terlalu terbuka sehingga kerusakan tidak terlalu parah. Pemilik kendaraan tinggal membawanya ke tempat perbaikan bodi agar engsel diperbaiki dan disetel ulang.

Baca juga: Bocoran Harga Toyota Fortuner 2.800 cc yang Sebentar Lagi Meluncur

“Kalau setting dan repair engsel dan pintu, perkiraan paling Rp 1,5 juta,” ucapnya.

Namun, berbeda ceritanya jika pintu ditabrak dalam kondisi terbuka lebar. Dudukan engsel bisa patah karena momen tabrakan lebih besar. Kemudian, jika diperbaiki dan harus ganti pintu serta engselnya, biayanya jadi semakin besar.

Perbaikan bisa Rp 4 jutaan, pintunya saja Rp 2,5 jutaan,” kata Suparna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.