Kompas.com - 11/01/2022, 10:22 WIB
Bus buatan Karoseri Laksana dengan bodi Legacy SR2 Panorama istimewaBus buatan Karoseri Laksana dengan bodi Legacy SR2 Panorama

JAKARTA, KOMPAS.comBus baru dengan kelir biru dan livery bertuliskan Hino RN8J terlihat keluar dari Karoseri Laksana belum lama ini. Jika diperhatikan, Hino RN8J merupakan sasis bus besar yang belum dijual di Indonesia.

Sasis Hino RN8J bisa ditemui di Australia, Filipina, dan Pakistan. Bisa saja munculnya bus baru dari Karoseri Laksana ini merupakan tanda-tanda keluarnya sasis anyar yang dijual Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) dalam waktu dekat.

Apalagi di negara lain, sasis Hino RN8J sudah lolos uji emisi Euro4, pas dengan di Indonesia yang regulasinya segera berlaku. Bisa saja sasis Hino RN8J akan diluncurkan nantinya, sebagai gebrakan melawan sasis merek Eropa.

Baca juga: Cek Harga MPV Murah yang Naik Tanpa Diskon PPnBM di Januari 2022

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by freshbus (@freshbus)

 

Jika dilihat dari lama Hino Australia, spesifikasi dari RN8J pada umumnya adalah bus besar dengan sasis ladder bermesin belakang. Selain itu, sasis dengan GVW 16 ton ini sudah dilengkapi dengan suspensi udara tipe narrow yang posisi balonnya tepat di bawah sasis.

Kemudian untuk mesinnya, RN8J menggunakan mesin J08E-VD yang menghasilkan tenaga 206 kW atau setara 276,3 TK di 2.400 rpm dan torsi 824 Nm di 1.500 rpm. Selain itu, mesin ini sudah dilengkapi dengan direct injection dengan common-rail.

Tenaga dan torsi tadi disalurkan ke roda belakang dengan transmisi otomatis enam percepatan yang dilengkapi dengan retarder. Untuk RN8J yang dijual di Pakistan, tersedia juga dalam transmisi manual.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas di Bawah Rp 50 Juta, dari Civic sampai BMW

Untuk memenuhi standar Euro5 yang diterapkan di Australia, sasis RN8J dipasang sistem Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Diesel Particulate Reduction (DPR) yang dipasang pada sistem knalpotnya.

Sangat menarik jika memang Hino RN8J yang nantinya bakal dipasarkan di Indonesia mulai April 2022. HMSI sendiri ketika dihubungi redaksi Kompas.com masih belum mau membocorkan sasis bus apa yang akan dijual saat regulasi Euro4 di Indonesia bergulir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.