Bedanya Bus Tingkat PO Agung Sejati dengan Double Decker Adiputro Terbaru

Kompas.com - 10/01/2022, 15:01 WIB
Bus AKAP PO Agung Sejati INSTAGRAM/MIHFATULAMRYYYBus AKAP PO Agung Sejati

JAKARTA, KOMPAS.comPO Agung Sejati belum lama ini melakukan perjalanan perdana dengan bus tingkat baru. Bus tersebut merupakan bekas milik PO Efisiensi yang sudah dirombak bagian luar dan dalam sehingga makin memanjakan penumpang.

Jika diperhatikan, bus yang sebelumnya milik PO Efisiensi ini punya beberapa perbedaan dari bus tingkat generasi terakhir dari Karoseri Adiputro. Untuk soal eksterior, ada perbedaan posisi pintu penumpang belakang.

Bus PO Agung Sejati sebenarnya sudah ada sejak 2016, jadi bisa dibilang merupakan generasi awal Jetbus Super Double Decker (SDD). Posisi pintu belakangnya ada di depan, dekat dengan as roda depan.

Baca juga: Buat Pemula yang Menyetir di Jalan Tol, Tolong Perhatikan Hal Ini

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by M I H F A T U L A M R I (@mihfatulamryyy)

 

Sedangkan Jetbus SDD terbaru, generasi ketiga, posisi pintu belakangnya ada di dekat roda belakang. Perbedaan posisi pintu juga memengaruhi tangganya, milik PO Agung Sejati, tangganya ada di atas as roda depan, sedangkan generasi terbaru, di atas as roda belakang.

Masuk ke bagian kabin, karena posisi tangga yang ada di depan, tempat duduk sleeper dipindah ke bagian belakang. Sedangkan untuk bus tingkat yang baru, biasanya posisi bangku sleeper ada di bagian depan, di atas as roda.

Baca juga: Belum Semua Pengendara Paham Marka Yellow Box Junction

Bus AKAP PO Rosalia IndahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus AKAP PO Rosalia Indah

Melihat posisi pintunya yang berbeda ini membuat susunan yang ada di kabin bawah jadi berubah. Misalnya seperti toilet yang posisinya ada di depan, begitu juga dengan sekat pemisah kabin depan dengan tangga.

Selain itu, kalau posisi tangga ada di depan, di sebelahnya bisa menjadi tempat penyimpanan terbuka seperti rak. Jadi penumpang bisa menaruh barang di atasnya atau menjadi tempat istirahat buat pengemudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.