Jadwal Ganti Filter Solar pada Mobil Mesin Diesel

Kompas.com - 10/01/2022, 12:22 WIB
Ilustrasi filter solar ebayimg.comIlustrasi filter solar

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan pada mobil mesin diesel perlu dijaga agar performa mesin tetap optimal. Salah satu perawatan yang perlu rutin dilakukan adalah penggantian filter solar.

Filter solar merupakan salah satu komponen yang wajib diperhatikan mengingat fungsinya yang cukup vital. Kommponen ini bertugas untuk menyaring bahan bakar sebelum masuk ke ruang pembakaran.

Jika filter solar dalam keadaan kotor, maka penyaringannya tidak bisa maksimal. Sehingga, kotoran dapat masuk ke saluran common rail dan dapat membuat suplai bahan bakar jadi tersumbat.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Kekurangan Mobil Mesin Diesel

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, filter solar pada mobil diesel memiliki batas usia pemakaian. Namun, usia penggantiannya tergantung dengan penggunaan jenis bahan bakarnya.

Filter bahan bakar mesin dieselautobild.co.id Filter bahan bakar mesin diesel

“Untuk filter solar, apabila sudah harus diganti akan muncul informasi di layar MID, jadi tergantung dari pemakaian bahan bakar dan sebagainya. Kalau tidak diganti bisa menyebabkan performa mesin menurun karena suplai bahan bakar akan terhambat,” ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu

Didi mengatakan, untuk usia pemakaian filter solar rata-rata sampai 5.000 kilometer dan harus dilakukan penggantian dengan yang baru.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Merawat Mobil Mesin Diesel

“Setiap 5.000 kilometer sekali harus dilakukan pemeriksaan biasanya sela-selanya sudah rusak dan harus diganti. Tapi kalau sering ganti-ganti jenis solar, bisa saja periode penggantiannya lebih cepat,” kata Didi.

Meski melalui ribuan kilometer, pasokan Pertamina Dex tetap terjaga untuk Navara.Sasri/Kompas.com Meski melalui ribuan kilometer, pasokan Pertamina Dex tetap terjaga untuk Navara.

Untuk mobil mesin diesel modern, disarankan untuk menggunakan solar dengan nilai Cetane Number (CN) yang tinggi, karena kandungan sulfurnya rendah, seperti Pertamina Dex dengan CN 53.

Tingginya kandungan sulfur dapat membuat filter solar cepat kotor, pembakaran menjadi tidak sempurna, dan berdampak pada performa yang dihasilkan mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.