Buat Pemula yang Menyetir di Jalan Tol, Tolong Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 09/01/2022, 17:31 WIB
Ilustrasi jalan tol. Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk.Ilustrasi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di jalan tol menjadi salah satu tantangan yang cukup besar untuk pengemudi pemula. Beda dengan berkendara di jalan raya, kendaraan di jalan tol melaju pada kecepatan di atas rata-rata.

Di jalan tol, penting bagi pengemudi untuk tetap menjaga kecepatan agar tetap stabil namun tetap awas dengan keadaan sekitar, dan selalu siap untuk mengurangi kecepatan jika ada kendaraan yang melambat di depannya.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC) memaparkan beberapa tips berkendara di jalan tol buat pengemudi pemula.

Baca juga: Tak Hanya Pemula, Salah Injak Pedal Mobil Bisa Menimpa Siapa Saja

"Jangan over-thinking, namun selalu mencoba untuk meminimalisir risiko di jalan," kata Marcell pada Kompas.com (7/1/2022).

Ia menjelaskan, pengemudi harus berkendara dalam keadaan mental yang positif atau baik serta emosi yang stabil.

Kemudian, pengemudi harus menjaga agar tidak terlalu cemas saat berkendara. Kecemasan berlebih dapat memicu rasa panik, dan bisa berakibat ke banyak hal seperti rem mendadak atau salah menginjak pedal.

Hal ini bisa berbahaya di jalan tol, karena kendaraan melaju pada kecepatan stabil dan cenderung cepat, berbeda dengan kendaraan di jalan raya.

Ilustrasi pengemudi mobil di jalan. UNSPLASH/takahiro taguchi Ilustrasi pengemudi mobil di jalan.

Baca juga: Pengemudi Mobil Pemula, Jangan Duduk Terlalu Maju Mepet Setir

Selanjutnya, Marcell mengatakan bahwa pengemudi juga perlu mengetahui dan mentaati setiap aturan yang ada di jalan tol.

Pengemudi harus memperhatikan rambu-rambu yang ada, batasan kecepatan, dan juga lajur yang digunakan. Misalnya, bagian bahu jalan tidak boleh digunakan untuk mendahului.

Pada kesempatan yang berbeda, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, penting bagi pengemudi pemula untuk mematuhi rambu-rambu yang ada.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.