Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Ular Bersarang di Ruang Mesin Mobil Polisi, Ini Cara Mencegahnya

Kompas.com - 14/12/2021, 19:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang mesin mobil memang kerap dianggap jadi tempat bersarang yang cocok bagi beberapa jenis binatang. Salah satunya adalah tikus.

Akibat tikus yang kerap bersarang di sejumlah titik pada mobil seperti di ruang mesin, tentu predator alaminya juga berkemungkinan untuk masuk ke tempat tersebut. Contohnya adalah ular.

Binatang melata ini kerap jadi momok menakutkan bagi banyak orang, tidak terkecuali aparat kepolisian. Seperti yang terlihat dalam unggahan video viral akun Tiktok @georgegundhozz belum lama ini.

Terlihat ular berukuran besar nongkrong di ruang mesin ketika aparat kepolisian dibantu sejumlah warga membuka perlahan kap mesin mobil. Sontak petugas tersebut langsung mundur menghindar. Beruntung ular besar tersebut bisa segera diamankan.

Baca juga: Tes Mesin dan Transmisi Baru Toyota All New Avanza dan Veloz

Menanggapi fenomena ular yang bersembunyi dalam mobil, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi membenarkan bahwa ular dan binatang lainnya bisa mudah masuk lewat rongga di kolong mobil.

"Iya bagian bawah (ruang mesin) ada rongga yang bisa jadi tempat masuk ke ruang mesin (bagi binatang)," kata Didi kepada Kompas.com, Selasa (14/12/2021).

@georgegundhozz

Polisi pun segan untuk menangkap

? suara asli - GeorgeGunDhozz

Meski terdapat sejumlah mobil yang memiliki cover di bagian bawah ruang mesin, Didi menyebutkan masih ada rongga yang bisa dijadikan jalan masuk.

Maka dari itu, kunci utama mencegah binatang masuk mobil adalah dengan rutin membersihkannya.

Sebab tikus yang sering jadi buruan ular menyukai tempat-tempat kotor dan lembab. Tikus pun sering meninggalkan jejak berupa sampah di tempat yang kerap didatanginya.

Baca juga: Ban Mobil Pecah Usai Hantam Lubang di Jalan Tol, Bisa Minta Ganti Rugi

Dengan sering membersihkan mobil termasuk pada ruang mesin, tikus, ular, dan binatang lainnya pun tidak akan datang mendekat.

Sebagian orang pun berpendapat, menaruh wewangian seperti kapur barus turut ampuh mencegah kedatangan binatang-binatang tersebut.

Namun Didi menyarankan, pastikan wewangian yang dipakai tidak mengandung zat yang mudah terbakar demi keamanan. Jika ragu, taruh wewangian tersebut tidak dekat dengan bagian mobil yang kerap menimbulkan panas, contohnya seperti radiator, exhaust manifoldbelt, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com