Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Video Ular Bersarang di Ruang Mesin Mobil Polisi, Ini Cara Mencegahnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang mesin mobil memang kerap dianggap jadi tempat bersarang yang cocok bagi beberapa jenis binatang. Salah satunya adalah tikus.

Akibat tikus yang kerap bersarang di sejumlah titik pada mobil seperti di ruang mesin, tentu predator alaminya juga berkemungkinan untuk masuk ke tempat tersebut. Contohnya adalah ular.

Binatang melata ini kerap jadi momok menakutkan bagi banyak orang, tidak terkecuali aparat kepolisian. Seperti yang terlihat dalam unggahan video viral akun Tiktok @georgegundhozz belum lama ini.

Terlihat ular berukuran besar nongkrong di ruang mesin ketika aparat kepolisian dibantu sejumlah warga membuka perlahan kap mesin mobil. Sontak petugas tersebut langsung mundur menghindar. Beruntung ular besar tersebut bisa segera diamankan.

Menanggapi fenomena ular yang bersembunyi dalam mobil, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi membenarkan bahwa ular dan binatang lainnya bisa mudah masuk lewat rongga di kolong mobil.

"Iya bagian bawah (ruang mesin) ada rongga yang bisa jadi tempat masuk ke ruang mesin (bagi binatang)," kata Didi kepada Kompas.com, Selasa (14/12/2021).

Maka dari itu, kunci utama mencegah binatang masuk mobil adalah dengan rutin membersihkannya.

Sebab tikus yang sering jadi buruan ular menyukai tempat-tempat kotor dan lembab. Tikus pun sering meninggalkan jejak berupa sampah di tempat yang kerap didatanginya.

Dengan sering membersihkan mobil termasuk pada ruang mesin, tikus, ular, dan binatang lainnya pun tidak akan datang mendekat.

Sebagian orang pun berpendapat, menaruh wewangian seperti kapur barus turut ampuh mencegah kedatangan binatang-binatang tersebut.

Namun Didi menyarankan, pastikan wewangian yang dipakai tidak mengandung zat yang mudah terbakar demi keamanan. Jika ragu, taruh wewangian tersebut tidak dekat dengan bagian mobil yang kerap menimbulkan panas, contohnya seperti radiator, exhaust manifold, belt, dan sebagainya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/14/191200615/viral-video-ular-bersarang-di-ruang-mesin-mobil-polisi-ini-cara-mencegahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke