Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Biaya Kepemilikan Lexus UX 300e sampai 5 Tahun

Kompas.com - 14/12/2021, 14:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBiaya kepemilikan jadi salah satu yang dipertimbangkan konsumen dalam memiliki mobil. Terlebih buat mobil listrik yang saat ini masih terbilang mahal.

Konsumsi listrik Lexus UX 300e mungkin cukup terjangkau, tapi bagaimana dengan biaya servis sampai biaya pajak yang harus dibayarkan tiap tahun?

Kita awali dengan biaya servis, berdasarkan skema yang dikeluarkan Lexus Indonesia, UX 300e mendapatkan gratis servis (jasa dan suku cadang) sampai dengan 5 tahun tanpa batasan.

Bahkan mobil ini juga mendapatkan garansi baterai hingga 8 tahun tanpa batasan jarak tempuh juga.

Baca juga: Alasan Kenapa Lampu Kabin Mobil Dimatikan Saat Mengemudi di Malam Hari

Lexus UX 300eKOMPAS.com/GILANG SATRIA Lexus UX 300e

Sebagai mobil listrik, perawatan berkala mobil ini terbilang mudah. Karena tidak mengusung mesin bakar internal, pemeriksaan yang dilakukan saat servis terbilang sedikit.

Secara umum, setiap servis berkala mekanik bakal memeriksa dan mengisi ulang atau mengganti komponen yang telah habis masa pakainya.

Adapun jumlah pajak yang harus dibayarkan per tahun, berdasarkan info dari Lexus Indonesia sekitar Rp 1,6 juta, untuk wilayah Jakarta. Angka yang terbilang murah untuk mobil baru dengan mesin konvensional.

Baca juga: Daftar Lengkap Tarif Penerbitan Pelat Nomor Cantik, Mulai Rp 5 Juta

Lexus UX 300e saat melakukan isi daya di SPKLU PLN.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Lexus UX 300e saat melakukan isi daya di SPKLU PLN.

Praktis untuk pemakaian selama 5 tahun, konsumen hanya diharuskan membayar pajak saja yang memakan biaya hingga Rp 8 juta.

Dan tak ketinggalan juga biaya listrik, yang tarif per kWh-nya sekitar Rp 1.444,70, untuk rumah berdaya listrik 1.300 VA sampai 6.600 VA ke atas.

Besaran biaya pemakaian listrik mobil ini tentu bergantung dari jarak tempuh dan seberapa sering mobil ini dipakai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com