Kompas.com - 14/12/2021, 14:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comBiaya kepemilikan jadi salah satu yang dipertimbangkan konsumen dalam memiliki mobil. Terlebih buat mobil listrik yang saat ini masih terbilang mahal.

Konsumsi listrik Lexus UX 300e mungkin cukup terjangkau, tapi bagaimana dengan biaya servis sampai biaya pajak yang harus dibayarkan tiap tahun?

Kita awali dengan biaya servis, berdasarkan skema yang dikeluarkan Lexus Indonesia, UX 300e mendapatkan gratis servis (jasa dan suku cadang) sampai dengan 5 tahun tanpa batasan.

Bahkan mobil ini juga mendapatkan garansi baterai hingga 8 tahun tanpa batasan jarak tempuh juga.

Baca juga: Alasan Kenapa Lampu Kabin Mobil Dimatikan Saat Mengemudi di Malam Hari

Lexus UX 300eKOMPAS.com/GILANG SATRIA Lexus UX 300e

Sebagai mobil listrik, perawatan berkala mobil ini terbilang mudah. Karena tidak mengusung mesin bakar internal, pemeriksaan yang dilakukan saat servis terbilang sedikit.

Secara umum, setiap servis berkala mekanik bakal memeriksa dan mengisi ulang atau mengganti komponen yang telah habis masa pakainya.

Adapun jumlah pajak yang harus dibayarkan per tahun, berdasarkan info dari Lexus Indonesia sekitar Rp 1,6 juta, untuk wilayah Jakarta. Angka yang terbilang murah untuk mobil baru dengan mesin konvensional.

Baca juga: Daftar Lengkap Tarif Penerbitan Pelat Nomor Cantik, Mulai Rp 5 Juta

Lexus UX 300e saat melakukan isi daya di SPKLU PLN.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Lexus UX 300e saat melakukan isi daya di SPKLU PLN.

Praktis untuk pemakaian selama 5 tahun, konsumen hanya diharuskan membayar pajak saja yang memakan biaya hingga Rp 8 juta.

Dan tak ketinggalan juga biaya listrik, yang tarif per kWh-nya sekitar Rp 1.444,70, untuk rumah berdaya listrik 1.300 VA sampai 6.600 VA ke atas.

Besaran biaya pemakaian listrik mobil ini tentu bergantung dari jarak tempuh dan seberapa sering mobil ini dipakai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.