Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sekolah Drift Cari Drifter Muda Berbakat

Kompas.com - 14/12/2021, 14:37 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Berbagai acara sudah terlaksana secara offline. Salah satu event yang digelar sepanjang 2021 adalah kejuaran balap mobil drift, Indonesian Drift Series (IDS) dan Indonesian Drift League (IDL).

Danny Ferdito selaku Co-Founder J99xAR Drift School mengatakan, event ini diadakan untuk menyaring bibit para drifter baru.

Baca juga: Usai Verstappen Juara Dunia, Honda Resmi Undur Diri dari Formula 1

“Kami mengadakan sebanyak 6 putaran selama musim 2021. Tujuannya untuk menyaring bakat para drifter baru. Menggunakan sirkuit drift yang mumpuni seperti di J99 Drift Maxx Circuit juga menghindari para drifter melakukan aksi di jalanan umum,” kata Danny dalam keterangan resmi, Senin (13/12/2021).

Dalam event yang diprakarsai oleh sekolah drifting J99xAR Drift School tersebut, Mashadi dinobatkan sebagai Juara utama. Juara kedua diduduki oleh Carlos Max dan juara ketiga ditempati Stephano Toton.

J99xAR Drift School Sukses Menggelar IDS dan IDL 2021, Banyak Drifter Rookie Naik Tingkat Ke Kategori ProfesionalJ99xAR Drifting School J99xAR Drift School Sukses Menggelar IDS dan IDL 2021, Banyak Drifter Rookie Naik Tingkat Ke Kategori Profesional

Indonesian Drifting Series (IDS) merupakan kejuaran drifting yang dilakukan sebagaimana mestinya. Kejuaraan ini menggunakan sistem bracket, para drifter mengikuti qualifikasi untuk mencari poin tertinggi pada awalnya. Kemudian, sistem tournament dari 32 besar hingga menyisakan satu orang sebagai juara utama.

Kejuaraan IDS ini ditujukan untuk peserta-peserta rookie baru agar lebih berprestasi. Selain itu, pada akhir tahun akan dipilih 6 orang dari kategori rookie ditingkatkan statusnya untuk mengikuti kategori professional pada musim balap drifting 2022 mendatang.

Baca juga: Ban Mobil Pecah Usai Hantam Lubang di Jalan Tol, Bisa Minta Ganti Rugi

Sedangkan untuk Indonesian Drift League (IDL), saat ini masih dikhususkan untuk peserta professional. Event ini dihadirkan untuk menjaring para drifter professional lama yang telah pensiun agar kembali berlaga pada ajang drifting di Indonesia.

“Saat ini hanya dihadirkan untuk kelas professional, namun pada tahun 2022 mendatang tidak menutup kemungkinan kita akan adakan untuk kelas rookie,” ucap Danny.

Indonesian Drift League (IDL) ini diadakan seperti sistem liga. Semua peserta akan saling bertanding dan akan pemenang ditentukan dengan point tertinggi. Kejuaraan yang pertama kali diadakan oleh J99xAR Drift School ini dilakukan sebanyak 6 putaran selama musim 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com