Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Ular Besar di Dalam Kap Mesin Mobil

Kompas.com - 23/09/2021, 13:29 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang mesin mobil sering menjadi tempat bersarang binatang. Salah satu yang kerap diketahui ialah tikus. Tapi rupanya bukan cuma pengerat, tapi juga ular.

Seperti yang terlihat dalam video yang diunggah akun TikTok novierudianto1. Terlihat dalam rekaman, di dalam kap mesin Toyota Avanza warna hitam terdapat ular ukuran cukup besar.

Baca juga: Bos Toyota Memperingatkan Pemerintah Jepang Soal Netralitas Karbon

Dalam video terlihat kap mesin dibuka oleh sejumlah orang memggunakan batang bambu untuk menjaga jarak jika ular tersebut melawan.

@novierudianto1

yang tau tolong info nya bertanda apakah ada ular d mesin mobil aku????

? suara asli - Novie Rudianto

Mengutip Kompas.com Homey, ada beberapa hal mengapa ular masuk ke dalam rumah,dan dalam hal ini ialah kap mesin mobil. Salah satunya yaitu mencari tempat persembunyian.

Ular biasa bersembunyi di tumpukan kayu dan tumpukan kompos, mulsa jerami, daun, dan sebagainya yang terkumpul di rumah untuk mencari kehangatan.

Sejauh ini belum ada wacana bagaimana mencegah ular masuk ke dalam kap mesin. Tapi ada lima perkara mencegah ular masuk rumah, dan dua di antaranya bisa dipakai mencegahnya ke dalam kap mobil.

Tampilan ruang mesin Toyota RaizeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tampilan ruang mesin Toyota Raize

1. Tikus

Bersihkan rumah dan pekarangan dari tikus. Tikus adalah salah satu sumber makanan utama ular, jadi pastikan kamu membersihkan rumah dan pekarangan dari tikus.

Terlebih mengingat bahwa ular merupakan predator alami tikus dan hewan pengerat lainnya.
Ular menggunakan lidahnya untuk "mengendus" dan melacak mangsanya, jadi menangkap aroma hewan pengerat di dalam rumah akan membuat ular memasuki rumah dan pekarangan.

Seperti diketahui tak sedikit kasus tikus bersarang di kap mobil apalagi jika mobil jarang dipakai atau dipanaskan.

2. Menutup lubang

Ular dapat masuk ke ruang mesin dari bawah. Karena ular memiliki tubuh yang fleksibel, mereka dapat dengan mudah menyesuaikan diri bahkan melalui celah yang paling datar tanpa ada yang memperhatikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com