Lihat Langsung Eksterior Avante D1 Milik PO Harapan Jaya

Kompas.com - 08/12/2021, 12:02 WIB
Bus AKAP baru PO Harapan Jaya pakai bodi Avante D1 KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANIBus AKAP baru PO Harapan Jaya pakai bodi Avante D1

BOGOR, KOMPAS.comPO Harapan Jaya baru saja menambah armada baru dari Karoseri Tentrem. Bodi bus yang digunakan pun spesial, mengingat ini adalah produk terbaru dari karoseri asal Malang tersebut, yakni Avante D1.

Avante D1 merupakan bus bertipe low drive, jadi kabin pengemudi posisinya ada di bawah, sedangkan seluruh penumpang ada di dek atas. Kemudian di bawah dek penumpang, hanya digunakan sebagai bagasi.

Ada dua unit Avante D1 milik PO Harapan Jaya yang beroperasi di rute Bogor-Surabaya. Kompas.com mencoba melihat langsung dengan menghampiri pool PO Harapan Jaya yang ada di Tajur, tepatnya di jalan Raya Wangun No. 361 Kota Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Pengendara Motor Nekat Melintas di JLNT, Memicu Kecelakaan Mobil

Bus AKAP baru PO Harapan Jaya pakai bodi Avante D1KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus AKAP baru PO Harapan Jaya pakai bodi Avante D1

Ketika melihat langsung, Avante D1 terlihat sangat besar, apalagi tingginya lebih kurang 4 meter. Melihat bagian depan, bodi Avante buatan Karoseri Tentrem punya ciri khas kaca depan yang jenong.

Hal ini terlihat dari kaca bagian bawah yang miring ke arah depan dan kaca atasnya yang melandai. Kombinasi dua kaca ini menjadikan bagian depan Avante terlihat seperti mata panah dan diklaim bisa membelah angin lebih baik dari bus lainnya.

Kemudian di bagian bando atau pilar pemisah kaca atas dan bawah terdapat kamera yang menghadap ke depan. Kamera yang ada di bando ini merupakan satu dari empat kamera yang ada di seluruh sisi bus untuk fitur kamera 360 derajat.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Bikin SIM A per Desember 2021

Bus AKAP baru PO Harapan Jaya pakai bodi Avante D1KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus AKAP baru PO Harapan Jaya pakai bodi Avante D1

Masih di bagian depan, Avante D1 PO Harapan Jaya ini menjadi bus pertama yang beroperasi dan menggunakan kamera sebagai pengganti spionnya. Jadi sudah tidak ada spion yang memanjang ke depan.

Masuk ke bagian samping, livery khas PO asal Tulungagung ini dibuat lebih besar. Jika di bus lainnya, livery delapan ekor kuda hanya ada di bagian belakang, di bodi Avante D1 ini memenuhi bagian samping bus.

Pada bagian samping ini juga terdapat satu pintu untuk akses penumpang masuk ke kabin atas. Posisi pintunya memang agak unik, tepat di bagian tengah dan lebih dekat ke as roda depan.

Bus AKAP baru PO Harapan Jaya pakai bodi Avante D1KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus AKAP baru PO Harapan Jaya pakai bodi Avante D1

Selain itu, di bagian atas juga terpasang kamera samping untuk fitur kamera 360 derajat. Untuk bagian belakang, terdapat satu lagi kamera di bagian atas, selain itu tidak ada perbedaan dengan Avante lainnya.

Bus ini hanya melayani satu kelas, yakni Super Luxury dan hanya diisi 24 penumpang. Untuk harganya, satu tiket bus dengan rute Bogor-Surabaya bisa ditebus dengan Rp 385.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.