Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru Karoseri Trijaya Union Mejeng di GIIAS 2024

Kompas.com - 24/07/2024, 11:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com -  Karoseri Trijaya Union akhirnya resmi meluncurkan produk bodi bus terbarunya di ajang GIIAS 2024. Berdasarkan pantauan Kompas.com, selama pameran berlangsung bus tersebut dipamerkan di outdoor hall 11 ICE, BSD.

Seperti bocoran kabar sebelumnya, produk terbaru bodi bus anyar ini akan mengisi segmen microbus dengan nama Neograntour. Adapun pembeli pertama yang menggunakan bodi ini adalah PO Sumber Alam.

Dhimas Yuniarso, Direktur Utama Karoseri Trijaya Union, mengatakan, bus ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan para perusahaan otobus (PO) yang bermain di segmen shuttle. 

Baca juga: Stafsus ESDM Ungkap Kendala Pengembangan Bahan Bakar Bioetanol di Indonesia

"Ini idenya kita sempet ngobrol-ngobrol dengan beberapa PO pemaian shuttle. Mereka ingin ruangan yang lapang dan ruang bagasi. Kalau microbus yang pada umummnya tidak ada ruang bagasinya, kecuali kursinya dilipat," kata kepada Kompas.com di ICE- BSD, Selasa (24/7/2024). 

Microbus  bus ini punya kabin luas dan akomodasi bagasi yang besar sehingga shuttle itu juga bisa melayani pengiriman cargo-cargo kecil.  Secara spesifikasi, bus ini digendong oleh sasis FE 71 Long BCL. Kemudian kapasitas penumpang hingga 17 orang plus 1 pengemudi dengan kursi yang bisa direbahkan sepenuhnya. 

Bus baru Karoseri Trijaya Union Karoseri Trijaya Union Bus baru Karoseri Trijaya Union

Baca juga: Asosiasi China Ungkap Pentingnya Pengembangan SPKLU untuk EV Nasional

Dhimas juga mengatakan, kini pertumbuhan pesat pemukiman baru di daerah penyangga kota besar, kebutuhan angkutan jarak dekat dan menengah, serta layanan pariwisata kelompok kecil sengan meningkat.

" Hal ini membuat permintaan akan microbus dengan ruang ekstra nyaman menjadi tren yang signifikanns sehingga Neograntour hadir sebagai solusi," katanya. 

Terkait harga,  saat ini dengan tarif promo unit ini dijual Rp 600 juta secara dengan spek standar komplit dengan sasisnya.  Tapi kalau nantinya ini akan dijual dianggka Rp 300 – Rp 320 jutaan untuk bodinya saja.  Sasisnya tinggal pilih aja bisa Hino, Fuso atau Isuzu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau