Pedrosa Bantu Duo Rookie KTM Adaptasi dengan RC16

Kompas.com - 30/11/2021, 10:42 WIB
Dani Pedrosa mulai ikut kembangkan motor KTM. motogp.comDani Pedrosa mulai ikut kembangkan motor KTM.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dani Pedrosa terbukti berhasil membuat KTM RC16 menjadi lebih kompetitif. Tapi, bantuan Pedrosa juga tidak hanya sebatas pada motornya saja.

Belum lama ini, Pedrosa juga turut membantu dua pebalap rookie KTM, yakni Remy Gardner dan Raul Fernandez, untuk beradaptasi lebih baik dengan RC16.

Baca juga: Sambut MotoGP 2022, KTM Bajak Orang Penting Pramac Ducati

Kedua pebalap tim satelit Tech3 tersebut punya prestasi yang luar biasa saat di Moto2. Gardner merupakan juara dunia Moto2 2021 dan Fernandez menjadi runner-up.

KTM Tech3 kedatangan dua pebalap rookie, Remy Gardner dan Raul FernandezDok. @tech3racing KTM Tech3 kedatangan dua pebalap rookie, Remy Gardner dan Raul Fernandez

Namun, keduanya menyelesaikan sesi tes di urutan ke-20 dan ke-22. Masih tertinggal 2 detik dari pebalap Ducati Francesco Bagnaia, tapi kurang dari 1 detik dari pebalap KTM Brad Binder.

Bos Tech3 Herve Poncharal, mengungkapkan, Pedrosa turut memperhatikan Gardner dan Fernandez dari samping trek. Lalu, turut memberikan masukan dan nasihat yang penting.

Baca juga: Bos KTM Puji Ducati yang Mampu Akali Regulasi

"Saya ingin berterima kasih pada Dani Pedrosa yang tidak hanya menjadi test rider, tapi juga penasihat," ujar Poncharal, dikutip dari Crash.net, Senin (29/11/2021).

Remy Gardner saat sesi tes MotoGP 2022 di Sirkuit JerezDok. @tech3racing Remy Gardner saat sesi tes MotoGP 2022 di Sirkuit Jerez

Poncharal menambahkan, Pedrosa datang untuk melihat kedua pebalap tersebut setelah memperhatikan keduanya dari samping trek. Menurutnya, setiap nasihat yang diberikan sangatlah penting dan sangatlah membantu.

Di musim 2021 ini, KTM sudah tidak memiliki status konsesi. Dampaknya, RC16 jadi kesulitan di awal dan akhir musim. Iker Lecuona dan Danilo Petrucci pun tidak begitu kompetitif jadinya.

Raul Fernandez saat sesi tes MotoGP 2022 di Sirkuit JerezDok. @tech3racing Raul Fernandez saat sesi tes MotoGP 2022 di Sirkuit Jerez

Maka itu, KTM melakukan perubahan dengan mengganti manajer tim Mike Leitner, dengan Francesco Guidotti dari Pramac Racing. Sekarang, pengetesan di sirkuit sudah selesai dan beralih ke tim riset dan pengembangan di pabrik.

"Sekarang, tergantung dari otak di dalam departemen KTM Factory Racing untuk mempertajam senjata 2022 kami, tapi saya percaya sepenuhnya dengan mereka," kata Poncharal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.