Kompas.com - 29/11/2021, 19:32 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemewahan dan kecanggihan pada Hyundai Staria tidak hanya terdapat pada desainnya saja. Tetapi merambah ke berbagai fitur keamanan dan kenyamanan yang tersemat.

Aspek tersebut tampak begitu diperhatikan oleh perseroan, karena pada varian Signature-7 dan Signature-9, tidak banyak perbedaan. Padahal, harga mobil terpaut sampai Rp 130 jutaan.

Pada fitur aktif, Staria telah diberikan Safe Exit Assist (SEA), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), High Beam Assist (HBA) serta Forward Collision-avoidance Assist (FCA).

Baca juga: Berapa Denda yang Harus Dibayar Penunggak Pajak Kendaraan?

Hyundai Staria Hyundai Staria

Selain itu, terdapat fitur Surround View Monitor (SVM), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA), sehingga membuat pengemudi dan penumpang bisa mendeteksi bahaya saat mobil sedang berjalan ataupun diam.

Misalnya, fitur FCA akan aktif ketika ada kendaraan atau pejalan kaki di depan sehingga mobil akan mengerem secara otomatis.

Contoh lainnya, fitur Blind-spot View Monitor (BVM) mampu menipiskan titik blind spot ketika berkendara. Fitur ini akan memudahkan pengemudi untuk melihat situasi jalan secara lebih luas saat hendak pindah jalur.

Sementara, fitur Lane Keeping Assist (LKA) akan mendeteksi marka jalan pada kecepatan tertentu. Jika kendaraan mulai keluar jalur, sistem akan memberikan peringatan audio dan visual.

Baca juga: IMI Dorong Industri Modifikasi Otomotif Bagian Perekonomian Nasional

Hyundai Staria Hyundai Staria

Bahkan, bila diperlukan, sistem bisa mengintervensi roda kemudi supaya tetap berada di jalur.

Tidak sampai di sana, mobil juga disematkan Manual Speed Limit Assist, Rear Cross Traffic Avoidance Assist, dan terakhir Surround view Monitor.

Untuk fitur keselamatan pasif, mobil sudah disematkan 6 buah airbags serta sabuk pengaman 3 titik pada tiap kursi.

Adapun pada Staria Signature-9 atau varian terendahnya, fitur keselamatan yang tidak ada hanya FCA, HBA, LFA, dan Driver Attention Warning (DAW) with Leading Vehicle Departure Allert Function.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.