MotoGP Akan Gunakan Bahan Bakar Non-fosil Mulai 2027

Kompas.com - 25/11/2021, 14:21 WIB
Para pebalap saat balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo di Cheste pada 14 November 2021. Hasil MotoGP Valencia: Francesco Bagnaia juara, sedangkan Valentino Rossi finis di peringkat ke-10. AFP/JOSE JORDANPara pebalap saat balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo di Cheste pada 14 November 2021. Hasil MotoGP Valencia: Francesco Bagnaia juara, sedangkan Valentino Rossi finis di peringkat ke-10.

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP akan mengikuti langkah yang diambil oleh Formula 1. Mulai 2027, MotoGP akan menggunakan bahan bakar berkelanjutan.

Perubahan besar tersebut akan dilakukan secara bertahap. Dimulai dari 2024, 40 persen bahan bakar yang digunakan harus dari sumber energi yang berkelanjutan, baik itu diproduksi secara sintetis maupun menggunakan energi biomassa.

Dikutip dari Asphaltandrubber.com, Kamis (25/11/2021), mulai 2027, semua bahan bakar yang digunakan di Moto3, Moto2, dan MotoGP harus berasal dari non-fosil. Perubahan tersebut dilakukan karena salah satu tujuan dari balapan adalah sebagai wadah penelitian dan pengembangan.

Baca juga: Juara Dunia WSBK 2021, Toprak Razgatlioglu Belum Lirik MotoGP

Saat dunia menghadapi krisis iklim global, diperlukan peralihan dari mengekstraksi karbon yang tersimpan di bawah tanah dan memompanya ke atmosfer untuk mengelola tingkat CO2 di atmosfer.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Peran dari balapan adalah membuat pembakaran dari bahan bakar non-fosil menjadi lebih efisien. Para insinyur memahami karakteristik pembakaran bahan bakar fosil dengan sangat baik, tetapi bahan bakar sintetis, e-fuel, dan biofuel terbakar dan memiliki perilaku yang berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Olahraga balap adalah tentang mengubah jumlah energi terbesar yang disimpan dalam sumber bahan bakar menjadi catatan waktu serendah mungkin, dan efisiensi pembakaran yang mengubah bahan bakar menjadi tenaga adalah bagian yang sangat penting.

Kabar baiknya bagi para pencinta balap motor adalah suara knalpot motor yang menggelegar akan tetap terdengar, meskipun sudah menggunakan bahan bakar dari energi yang berkelanjutan.

Baca juga: Belum Sempurna, Ujian Sirkuit Mandalika Sebelum Gelar MotoGP 2022

Sementara itu, MotoE akan tetap diadakan dan terus berkembang. Jadi, MotoE tidak akan mengambil alih MotoGP untuk sekarang ini.

Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Styria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Styria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

Kontrak tiap pabrikan dengan Dorna Sports berlaku hingga 2026. Kontrak lima tahun berikutnya akan dimulai dari 2027 dan akan menjadi momen yang sangat penting.

Sumber dari bahan bakarnya belum diputuskan. Namun, FIM dan Dorna sudah memberikan peringatan dan menyatakan sebuah tujuan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.