Kesulitan Jual Motor Listrik di Indonesia

Kompas.com - 25/11/2021, 08:42 WIB
Motor listrik Gesits Kompas.com/ArdiansyahFadliMotor listrik Gesits

TANGERANG, KOMPAS.com – Berbagai merek sepeda motor listrik mulai bermunculan di Tanah Air dengan beragam model dan tipe. Namun, ternyata tidak semudah itu jual motor listrik di Indonesia, setidaknya pengalaman ini dialami salah satu produsen lokal, Gesits.

Faktanya, motor listrik masih dipandang sebelah mata oleh konsumen, meskipun bisa diandalkan buat aktivitas setiap hari.

Abdullah Alwi, General Manager of Sales & Marketing PT WIKA Industri Manufaktur (Gesits), mengatakan, ada sejumlah tantangan besar dalam memasarkan motor listrik di Indonesia.

Baca juga: Adu Jumlah SPK di GIIAS 2021, Lebih Banyak Veloz atau Xpander?

Ilustrasi booth Gesits pada ajang IEMS 2021KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi booth Gesits pada ajang IEMS 2021

Pertama adalah soal kualitas dan ketangguhan produk. Faktor ini menjadi krusial karena konsumen bakal membandingkan dengan model-model yang sudah ada di pasaran, termasuk motor dengan mesin konvensional.

“Kami harus yakinkan pasar perihal durability. Karena pembandingnya adalah existing product,” ujar Alwi, dalam acara Talk Show pada IEMS 2021 di Serpong, Tangerang (24/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Karena dari awal Gesits ingin mengambil posisi subtitution product. Bukan niche, produk baru. Ini yang memang pada umumnya, apalagi dari sebuah produk nasional, peran pemerintah cukup dibutuhkan paling enggak untuk penyerapan tahap awal,” kata dia.

Baca juga: Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2021 Resmi Dibuka

Motor Test Drive GesitsArif Nugrahadi Motor Test Drive Gesits

Tantangan berikutnya adalah pandangan masyarakat mengenai motor listrik, yang masih dianggap sebagai barang murah yang cepat rusak.

Menurut Alwi, perlu ada edukasi khusus yang dilakukan bersama-sama. Antara produsen, pemerintah, dan stakeholder terkait.

“Di mana masyarakat kita dalam memandang sepeda motor listrik, mereka belum tahu untuk bagaimana membedakan satu produk dengan produk yang lain, dari segi performa dan lain-lainnya,” ucap Alwi.

Baca juga: Resmi, Honda Luncurkan Skutik Adventure ADV350

Maman Suparman, anggota Gesits Riders Indonesia (GRID) melakukan solo touring dari Jakarta-Mandalika, Lombok, NTB.Foto: Gesits Maman Suparman, anggota Gesits Riders Indonesia (GRID) melakukan solo touring dari Jakarta-Mandalika, Lombok, NTB.

“Karena ini merupakan sesuatu yang baru. Sehingga yang terjadi di masyarakat, motor listrik adalah kendaraan murah, alternatif. Padahal pada dasarnya kami ingin konversi dari (energi) fosil ke listrik,” ujar dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.