Ganti Pelek Lebar, Otomatis Pengaruhi Konsumsi BBM

Kompas.com - 25/11/2021, 12:02 WIB
Ilustrasi pelek mobil. KompasOtomotif-Donny AprilianandaIlustrasi pelek mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi yang paling mudah dilakukan pada mobil adalah dengan mengganti pelek lebar. Pelek standar yang diubah menjadi lebih besar memang membuat tampilan mobil berubah signifikan.

Selain itu juga terdapat beberapa pilihan model yang bisa dipilih pemilik mobil. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mau mengganti pelek mobil standar dengan ukuran yang lebih besar dan lebar.

Jika tidak mau repot, mengganti pelek yang lebih besar ada batas maksimalnya, yaitu maksimal naik dua inci saja dari pelek standar. Jika lebih dari dua inci, butuh penyesuaian di berbagai bagian, seperti suspensi, setel caster dan camber.

Baca juga: Adu Jumlah SPK di GIIAS 2021, Lebih Banyak Veloz atau Xpander?

Pikap kabin ganda dub stylethegaspol.com Pikap kabin ganda dub style

Ada juga yang beranggapan kalau ganti pelek dengan ukuran yang lebih besar berpengaruh pada konsumsi BBM jadi lebih boros, apakah benar?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, ukuran pelek yang besar turut memengaruhi konsumsi bahan bakar, walau tidak terlalu signifikan.

Konsumsi bahan bakar jadi lebih boros karena pelek yang besar tentu dipasang ke ban yang juga lebar. Ban lebar ini membuat gesekannya dengan aspal bertambah, sehingga perlu tenaga lebih untuk menggerakkannya.

Baca juga: Rendering Yamaha MT25 Tracer

“Gesekan ban ke tanah yang besar ini lah yang membuat mobil menjadi lebih berat saat berjalan. Hal ini berlaku baik sebelum ban bergulir, maupun pas sedang berjalan,” kata Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Memang jika menggunakan ban yang lebih besar akan membuat cengkeraman lebih baik ketika kondisi kering. Namun dibalik itu, Didi mengatakan kalau ada kompensasinya yaitu berpengaruhnya pada konsumsi bahan bakar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.