Belum Sempurna, Ujian Sirkuit Mandalika Sebelum Gelar MotoGP 2022

Kompas.com - 24/11/2021, 08:01 WIB
Para pebalap WSBK menjajal sirkuit pada sesi latihan bebas (free practice) 1, Jumat (19/11/2021) di Sirkuit Mandalika. KOMPAS.com/Mochamad SadheliPara pebalap WSBK menjajal sirkuit pada sesi latihan bebas (free practice) 1, Jumat (19/11/2021) di Sirkuit Mandalika.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap motor World Superbike (WSBK) usai digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) BUMN dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group, menyambut gembira keluarnya Juara Dunia baru WSBK, Toprak Razgatlioglu. Hal ini merupakan salah satu sejarah, di mana juara dunia baru WSBK dinobatkan di Sirkuit Mandalika, pada Minggu (21/11/2021)

“WSBK merupakan event balap motor internasional pertama yang digelar di Sirkuit Mandalika paska diresmikan tanggal 12 November lalu. Merupakan kebanggaan bagi kami dapat menyelenggarakan final laga dan menutup WSBK musim 2021 dengan baik,” ucap Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah, dalam keterangan resminya, Selasa (23/11/2021)

Baca juga: Peugeot 308 Raih Penghargaan Car Of The Year 2021

Ricky menambahkan bahwa sistem pembuangan air baik lintasan maupun seluruh kawasan sirkuit berfungsi dengan baik.

Terutama sistem pembuangan air lintasan sirkuit yang telah berfungsi dengan sempurna sehingga mampu menghilangkan genangan air dalam waktu singkat walaupun hujan mengguyur dengan deras.

“Terbukti balapan WSBK hari Minggu dapat terlaksana walaupun berlangsung dalam kondisi hujan,” kata Ricky.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suasana FIM dan Dorna Sport Lacak Inspeksi Keamanan di Sirkuit Mandalika. Suasana FIM dan Dorna Sport Lacak Inspeksi Keamanan di Sirkuit Mandalika.

Setelah balapan WSBK usai, kini MGPA sedang mempersiapkan MotoGP di musim depan (2022). Ricky menyadari, banyak aspek penyelenggaraan yang belum sepenuhnya ideal dan sempurna, sehingga penyelenggaraan WSBK ini menjadi pengalaman berharga untuk suksesnya penyelenggaraan event MotoGP 2022 serta event-event berikutnya.

“Terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan seluruh pihak sehingga balapan dapat terselenggara dan berjalan dengan lancar. Tak lupa kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas antusiasme masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Lombok dalam menyukseskan event ini,” kata Ricky.

Baca juga: Euro 4 Mulai 2022, Hino Leburkan Lini Produk Bus

Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika bakal jadi venue balapan GP Indonesia yang rencananya akan digelar pada 20 Maret 2022, atau beberapa pekan setelah seri pembuka di Qatar pada 6 Maret 2022.

Selain masuk dalam kalender sementara, berdasarkan jadwal yang dikeluarkan oleh pihak MotoGP, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.