Kompas.com - 16/11/2021, 14:12 WIB
Kia Seltos Diesel CRDi diklaim sebagai SUV kompak tunggal penenggak solar di Indonesia. KOMPAS.com/Donny Dwisatryo PriyantoroKia Seltos Diesel CRDi diklaim sebagai SUV kompak tunggal penenggak solar di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kreta Indo Artha (KIA) meluncurkan varian CRDi alias diesel pada Seltos. Dengan demikian, Kia menjadi satu-satunya yang memasarkan compact sport utility vehicle (SUV) bermesin diesel di Indonesia saat ini.

Secara tampilan atau eksteriornya, Seltos diesel tidak ada ubahnya dengan varian lain, seperti EX Plus, EX, dan E. Begitu pula dengan kabin atau interiornya.

Baca juga: Dua Varian Baru, Kia Seltos Diesel dan Seltos GT Line Resmi Meluncur

Perbedaan hanya terletak pada mesinnya saja. Mobil ini dibekali dengan mesin U2 1.5 E-VGT CRDi. Mesin berkapasitas 1.493 cc ini menghasilkan tenaga hingga 115 PS pada 4.000 rpm dan torsinya mencapai 250 Nm pada rentang 1.500-2.750 rpm.

Kia Seltos CRDi alias Seltos dieselKompas.com/Donny Kia Seltos CRDi alias Seltos diesel

Mesinnya dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis 6-percepatan. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh mesin diesel tersebut.

Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head PT KIA, mengatakan, mesinnya sudah menggunakan teknologi E-VGT (Variable Geometry Turbocharger). Material yang digunakan dari aluminium.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: [VIDEO] Uji KIA Seltos Jalan-jalan ke Luar Kota

"Transmisi otomatis 6-percepatan membuat perpindahan gigi lebih halus, lebih responsif, dan mampu menahan torsi besar dari mesin diesel," ujar Ario, kepada wartawan, belum lama ini.

Kia Seltos CRDi alias Seltos dieselKompas.com/Donny Kia Seltos CRDi alias Seltos diesel

Ario menambahkan, komponen yang ada pada transmisi lebih minim gesekan. Sehingga, usia pakai komponennya jadi lebih lama.

Jika dibandingkan dengan mesin bensinnya, mesin Kappa 1.4 T-GDI tersebut menghasilkan tenaga lebih besar, yakni 140 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsinya sedikit lebih rendah, yakni 242 Nm pada rentang 1.500-3.200 rpm.

Kia Seltos CRDi alias Seltos dieselKompas.com/Donny Kia Seltos CRDi alias Seltos diesel

Kia Seltos diesel ditawarkan dengan lima pilihan warna, yakni Aurora Black Pearl, Glacier Whie Pearl, Punchy Orang, Intense Red, dan Steel Silver. Untuk harganya, lebih mahal Rp 15 juta dari varian EX Plus, yaitu Rp 389 juta (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.