Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahas Keunikan Kia Seltos Diesel

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kreta Indo Artha (KIA) meluncurkan varian CRDi alias diesel pada Seltos. Dengan demikian, Kia menjadi satu-satunya yang memasarkan compact sport utility vehicle (SUV) bermesin diesel di Indonesia saat ini.

Secara tampilan atau eksteriornya, Seltos diesel tidak ada ubahnya dengan varian lain, seperti EX Plus, EX, dan E. Begitu pula dengan kabin atau interiornya.

Perbedaan hanya terletak pada mesinnya saja. Mobil ini dibekali dengan mesin U2 1.5 E-VGT CRDi. Mesin berkapasitas 1.493 cc ini menghasilkan tenaga hingga 115 PS pada 4.000 rpm dan torsinya mencapai 250 Nm pada rentang 1.500-2.750 rpm.

Mesinnya dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis 6-percepatan. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh mesin diesel tersebut.

Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head PT KIA, mengatakan, mesinnya sudah menggunakan teknologi E-VGT (Variable Geometry Turbocharger). Material yang digunakan dari aluminium.

"Transmisi otomatis 6-percepatan membuat perpindahan gigi lebih halus, lebih responsif, dan mampu menahan torsi besar dari mesin diesel," ujar Ario, kepada wartawan, belum lama ini.

Ario menambahkan, komponen yang ada pada transmisi lebih minim gesekan. Sehingga, usia pakai komponennya jadi lebih lama.

Jika dibandingkan dengan mesin bensinnya, mesin Kappa 1.4 T-GDI tersebut menghasilkan tenaga lebih besar, yakni 140 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsinya sedikit lebih rendah, yakni 242 Nm pada rentang 1.500-3.200 rpm.

Kia Seltos diesel ditawarkan dengan lima pilihan warna, yakni Aurora Black Pearl, Glacier Whie Pearl, Punchy Orang, Intense Red, dan Steel Silver. Untuk harganya, lebih mahal Rp 15 juta dari varian EX Plus, yaitu Rp 389 juta (OTR Jakarta).

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/16/141200315/bahas-keunikan-kia-seltos-diesel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke