Platform Mobil Listrik Wuling Diklaim Fleksibel Menyesuaikan Pasar

Kompas.com - 28/10/2021, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) memastikan untuk meramaikan penjualan mobil listrik di Tanah Air. Sebagai langkah awal, Wuling mengenalkan platform mobil listrik bernama GSEV (Global Small Electric Vehicle).

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, mengatakan, GSEV adalah rancang bangun sebuah kendaraan, yang bersifat fleksibel bisa dikembangkan jadi berbagai macam model sesuai kebutuhan pasar.

“Karena platform ini global, rancangan dasar ini akan dikembangkan ke beberapa negara, termasuk di Indonesia,” ujar Danang di sela-sela peluncuran Flagship Wuling Center di Jakarta (27/10/2021).

Baca juga: Bus Kuning Punya DHL Keluar Karoseri Laksana

Mobil listrik Wuling Hongguang Mini EVKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mobil listrik Wuling Hongguang Mini EV

“Saat ini ada yang berkapasitas 2 orang, ada yang 4 orang, sebenarnya masih sangat fleksibel untuk pasar-pasar tertentu. Bodinya bisa dipanjangin dikit, dilebarin dikit, atau ditinggiin dikit masih bisa,” kata dia.

Danang menambahkan, platform GSEV memungkinkan pihaknya untuk membuat mobil listrik di berbagai segmen, seperti SUV, MPV, maupun sedan.

“Cuma salah satu keunggulannya, karena namanya GSEV, dia small car. Mungkin secara body style dia bisa macam-macam, tapi kami fokusnya tetap small vehicle,” kata Danang.

Baca juga: Hyundai Creta Wira-wiri dengan Stiker Kamuflase Peta Indonesia

Mobil listrik Wuling Hongguang Mini EVKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mobil listrik Wuling Hongguang Mini EV

Selain itu, kehadiran mobil listrik mungil juga menjadi pembeda di pasar. Dengan harga yang lebih terjangkau, diharapkan penetrasi mobil listrik bisa semakin masif ke depannya.

“GSEV diferensiasinya unik dan di China bisa diterima dengan baik. Di sana sudah dikembangkan ke model E100, E200, Hongguang Mini EV, E300, dan Nano EV. Jadi sekarang sudah ada sekitar 5 atau 6 model,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.