Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan Mobil Listrik Wuling Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 27/10/2021, 16:35 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren elektrifikasi telah memancing sejumlah produsen otomotif untuk meluncurkan mobil listrik ke Indonesia. Salah satunya Wuling Motors yang siap menghadirkan mobil ramah lingkungan ini pada 2022.

Bertepatan dengan peluncuran Flagship Wuling Center, PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) turut mengenalkan mobil listrik Hongguang Mini EV.

Shi Guoyong, Presiden Direktur Wuling Motors, mengatakan, pihaknya bakal meluncurkan produk baru yang cocok dengan kebutuhan konsumen Indonesia.

Baca juga: Antisipasi Libur Nataru, Pembatasan Mobilitas Bakal Berlaku Lagi?

Flagship Wuling Center diresmikan di Jakarta.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Flagship Wuling Center diresmikan di Jakarta.

“Tahun depan sesuai rencana, kami akan meluncurkan dan menjadi yang pertama untuk memperkenalkan kendaraan listrik murni ke pasar Indonesia. Dan selanjutnya untuk mewujudkan manufaktur sendiri di Indonesia,” ujar Guoyong di Jakarta (27/10/2021).

“Perkembangan karya-karya tersebut pastinya akan mendorong pesatnya perkembangan industri otomotif Indonesia, dan memberikan kontribusi yang layak bagi perkembangan perekonomian Indonesia,” kata dia.

Seperti diketahui, Wuling Hongguang Mini EV merupakan mobil listrik yang sudah dipasarkan di China. Dengan berat sekitar 665 kg, mobil ini punya ukuran kompak dengan dimensi (PxLxT) 2.920 mm x 1.493 mm x 1.621 mm.

Baca juga: Sah, Tilang Uji Emisi Mobil dan Motor di DKI Berlaku 13 November 2021

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar PanjaitanWuling Motors Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan

Bicara soal tenaga, motor listrik mobil ini sanggup menghasilkan tenaga sekitar 17 tk dan torsi maksimal 85 Nm.

Dengan kapasitas 4 penumpang, mobil ini bisa memberikan kapasitas bagasi 741 liter, terutama saat bangku baris keduanya dilipat.

Sementara perihal harganya, di China mobil ini dipasarkan mulai 28.800 yuan atau setara Rp 64 jutaan sampai 38.800 yuan atau setara Rp 86 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com