Salam Perpisahan di Misano, Rossi Lempar Helm Spesialnya ke Penonton

Kompas.com - 25/10/2021, 14:41 WIB
Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP) ANDREAS SOLAROValentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Emilia Romagna 2021 menjadi momen perpisahan Valentino Rossi dengan penggemarnya di Italia. Sebab, balapan kali ini menjadi yang terakhir kalinya bagi Rossi di kandang sendiri.

Rossi memulai balapan dengan posisi yang sangat sulit. Dia start dari posisi ke-23 alias posisi terakhir.

Baca juga: Makna Desain Helm Spesial Terakhir Rossi di MotoGP Emilia Romagna

Pebalap yang dijuluki "The Doctor" ini berhasil bertahan di atas motornya hingga melewati garis finis. Padahal, cukup banyak pebalap di depannya yang terjatuh, total ada delapan pebalap.

Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Layaknya tradisi yang selalu dia lakukan setiap balapan di negaranya sendiri, seperti di Sirkuit Mugello dan Sirkuit Misano, Rossi selalu menggunakan helm dengan desain spesial.

Helm yang didesain oleh Aldo Drudi, desainer kepercayaan Rossi dari awal karir, ditujukan untuk para penggemar Rossi. Pada desain tersebut terdapat gambar hati berukuran besar berwarna kuning. Di sekililingnya terdapat penggemar yang mengibarkan bendera matahari dan bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Marc Marquez Sebut Tak Peduli Hubungannya dengan Rossi

"Misano adalah kandang saya, 10 kilometer dari tempat saya tinggal, kami sudah balapan di sini sejak 2007 dan saya sudah menang di sini tiga kali," ujar Rossi, dikutip dari GPone.com, Senin (25/10/2021).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Setelah melewati garis finis, Rossi berhenti di depan grandstand para penggemarnya. Tak hanya sekadar menyapa, Rossi juga memberikan cendera mata pada penggemarnya yang sangat beruntung.

Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

"Ya, saya berhenti di depan grandstand dan melempar helm. Itu sangat emosional dan saya juga menerima penghargaan dari Menteri Luar Negeri Di Maio, Presiden Coni, Malago dan Felazi, sangat emosional, begitu pula dengan Frecce Tricolori yang terbang di atas. Saya adalah salah satu olahragawan Italia paling terkenal di dunia di dalam sejarah, dan ini membuat saya senang," kata Rossi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.