Berlaku Oktober, Apa PPnBM Berbasis Emisi Bikin Harga Sedan Turun?

Kompas.com - 16/09/2021, 16:13 WIB
Test Drive Toyota Corolla Altis Hybrid Kompas.com/DioTest Drive Toyota Corolla Altis Hybrid
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai bulan Oktober 2021, tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) akan berubah menyesuaikan dengan emisi gas buang yang dihasilkan masing-masing kendaraan.

Carbon tax ini akan menggantikan skema pajak sebelumnya yang menghitung berdasarkan bentuk bodi seperti sedan atau bukan, penggerak 4x2 atau 4x4, dan sebagainya.

Pada aturan lama, tarif PPnBM sedan berkisar 30-125 persen tergantung dari kapasitas mesin. Sedangkan MPV, city car, hatchback paling murah 10 persen.

Baca juga: Resmi, Ini Biaya Ganti Pelat Nomor Mobil

Sedan Toyota Vios jadi salah satu pilihan di IIMS 2018Kompas.com/Setyo Adi Sedan Toyota Vios jadi salah satu pilihan di IIMS 2018

Semisal untuk Toyota Vios dan Avanza, dengan skema tersebut harga mobil yang dipatok untuk Vios termurah mulai Rp 299,5 juta, sementara Avanza dari Rp 197,5 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas, dengan perubahan aturan ini apakah harga sedan bisa menjadi lebih murah? Misal untuk produk-produk Toyota yang terdiri dari Vios, Corolla Altis, dan Camry.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, mengatakan, pihaknya belum menentukan harga jual mobil-mobilnya pada bulan depan. Termasuk untuk model-model sedan.

Baca juga: Kalahkan Marquez, Bos Ducati Beberkan Keunggulan Desmosedici GP21

Toyota Camry Hybrid menjadi yang terboros selama pengunjian, meskpun masih jauh lebih irit ketimbang mobil konvensional, lebih baik dari Avanza.TOYOTA Toyota Camry Hybrid menjadi yang terboros selama pengunjian, meskpun masih jauh lebih irit ketimbang mobil konvensional, lebih baik dari Avanza.

“Kami sedang pelajari dan persiapkan. Nanti kami akan kabari,” kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, kepada Kompas.com (15/9/2021).

Selain Toyota, merek yang masih memasarkan sedan adalah Honda, dengan model-modelnya seperti City, Civic, dan Accord.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, mengatakan, salah satu unsur untuk menentukan harga adalah pajak.

Baca juga: Muluncur 17 September, Daihatsu Terios Punya Fitur Idling Stop

Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Menurutnya, apabila besaran pajak suatu model berubah, maka akan mempengaruhi harga jualnya di pasaran.

“(Sedan) belum ada hasil test-nya. Belum bisa infokan sekarang ya,” ujar Billy, kepada Kompas.com (15/9/2021).

“Karena saat ini kami masih dalam tahap pengujian, maka besaran pajaknya belum dapat ditetapkan karena harus menunggu hasil pengujiannya. Akan kami informasikan nanti saat peraturan itu berlaku,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.