Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lorenzo Puji Marquez, Sebut Terbaik dari Teknis, Fisik, dan Mental

Kompas.com - 16/09/2021, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Jorge Lorenzo sering berseteru dengan rekan setimnya sendiri. Dua contohnya ialah Valentino Rossi saat di Yamaha, dan Andrea Dovizioso saat membela Ducati.

Tapi sampai dia pensiun di Honda hal tersebut tidak terjadi dengan Marc Marquez. Dapat dikatakan tidak tercium aroma pertengkaran antara X-Fuera dengan Baby Alien.

Baca juga: Merasa Pegal Saat Mengemudi, Itu Gejala Keletihan

Kini setelah pensiun, Lorenzo juga banyak memuji mantan rekan setimnya. Menurutnya, pebalap asal Cervera, Spanyol, itu memang punya talenta balap yang luar biasa.

"Marc sangat istimewa", katanya kepada MotoGP.com, dikutip dari Tuttomotoriweb, Kamis (16/9/2021).

Pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) saat memimpin balapan di depan Marc Marquez (Repsol Honda) pada MotoGP Aragon 2021 di Sirkuit Motorland di Alcaniz pada 12 September 2021.AFP/LLUIS GENE Pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) saat memimpin balapan di depan Marc Marquez (Repsol Honda) pada MotoGP Aragon 2021 di Sirkuit Motorland di Alcaniz pada 12 September 2021.

"Dia yang tercepat, terkuat dari segi fisik dan teknis, dan dia juga yang paling banyak mengambil risiko, dia selalu seperti itu," kata Lorenzo.

"Biasanya sebaliknya, semakin berani pebalap mengambil risiko lebih sedikit pebalap yang di belakang, setidaknya secara teori," katanya.

Lorenzo mengatakan Marc punya kemampuan untuk menghindari cedera serius. Tapi apa daya kecelakaan fatal tahun lalu mengubah semuanya, mungkin termasuk peta karir Marc ke depan.

“Pada akhirnya ada cedera yang sangat serius pada tahun 2020, di Jerez. Semua orang mengharapkan pendekatan baru yang lebih tenang dari Marc, tapi ini tidak terjadi," katanya.

"Dia terus mengambil risiko dan saya sangat terkejut dengan fakta ini, di mana saya pikir dia akan sedikit tenang, bahwa dia akan menjadi lebih konservatif dan penuh perhatian,” katanya.

Baca juga: Adu Tenaga dan Torsi Kiger dan Raize, Siapa Paling Kuat?

Jorge Lorenzo saat menjadi rekan setim Marc Marquez di Repsol Honda TeamMOHD RASFAN Jorge Lorenzo saat menjadi rekan setim Marc Marquez di Repsol Honda Team

Lorenzo yakin jika musim lalu Marc tidak kecelakaan dan lengannya baik-baik saja, maka dia akan memenangkan tiga gelar juara dunia dari musim 2020 hingga 2022 dengan mudah.

“Saya pikir tanpa cedera itu dia akan memenangkan tiga Kejuaraan Dunia ini, tetapi episode ini telah mengubah karirnya. Untuk saat ini telah berubah tiga tahun ini, kita akan melihat apa yang terjadi di masa depan," katanya.

"Saya percaya bahwa selangkah demi selangkah, dengan semangatnya dia akan kembali ke bentuk semula, selama dia tidak terluka lagi. Tapi yang pasti episode ini sulit untuk dia tangani," katanya.

"Secara teknis, fisik dan mental dia adalah yang terbaik dan dia mengambil lebih banyak risiko, pebalap seperti ini sangat sulit dikalahkan,” kata Lorenzo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com