Resmi, Ini Biaya Ganti Pelat Nomor Mobil

Kompas.com - 15/09/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi pelat nomor jenis baru wartakota.tribunnews.comIlustrasi pelat nomor jenis baru
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Biaya ganti nomor polisi kendaraan bermotor atau pelat harus selalu disiapkan tiap lima tahun sekali untuk memastikan mobil atau sepeda motor seraya punya identitas resmi sekaligus membedakan dari yang lain.

Selain itu, juga digunakan pendaftaran di pihak kepolisian dan mempermudah proses administrasi dalam berbagai hal, termasuk perpajakan. Lantas bila telah sampai pada waktunya, sebenarnya berapa biaya ganti plat mobil?

Sebelum bicara mengenai harga, ada beberapa dokumen yang harus disiapkan dalam proses penggantian pelat nomor mobil. Di antaranya, STNK, KTP, serta BPKB yang asli dan fotokopi.

Baca juga: Honda Maksimalkan Produksi di Tengah Krisis Semikonduktor

Saat ini pelat nomor untuk kendaraan penumpang pribadi warna dasarnya hitam.istimewa Saat ini pelat nomor untuk kendaraan penumpang pribadi warna dasarnya hitam.

Pastikan semua surat berharga terkait kendaraan sesuai dengan KTP berlaku agar memudahkan proses administrasi pergantian. Jangan sampai ada yang ketinggalan karena pihak Samsat memiliki hak untuk menolak permohonan.

Selanjutnya ada beberapa langkah prosedur ganti plat mobil atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama, Anda harus melakukan pendaftaran di Samsat terdekat sesuai domisili tempat tinggal.

Setelah menyerahkan seluruh berkas yang dibutuhkan, pemilik harus cek fisik kendaraan dan kertas gesek untuk mengecek nomor rangka mesin kendaraan. Proses gesek nomor rangka mesin biasanya akan dilakukan bersama petugas.

Langkah selanjutnya adalah memberikan bukti pemeriksaan fisik ke loket bagian legalisir yang ada di kantor Samsat.

Jika sudah lengkap, akan diberikan formulir untuk mengisi data mobil dan pemilik kendaraan.

Isi sesuai fakta yang ada lalu serahkan kembali kepada petugas di sana. Ingat, tidak ada pemungutan biaya hingga proses ini.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Abai Ganti Filter Solar Bisa Berdampak pada Perfoma Mesin?

Ilustrasi tanda nomor kendaraankomisikepolisianindonesia.com Ilustrasi tanda nomor kendaraan

Setelah itu, baru lanjut ke proses pembayaran biaya ganti plat mobil. Secara umum, biaya yang disiapkan tergolong murah mengingat hanya dikeluarkan selama lima tahun saja.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Kepolisian Negara Republik Indonesia, biaya ganti plat mobil pada saat ini adalah Rp 100.000. Sedangkan untuk biaya penerbitan STNK mobil adalah Rp 200.000.

Jika ditotal, maka pemilik mobil hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 300.000. Dengan harga yang diberikan, mobil Anda sudah bisa digunakan secara aman serta sesuai hukum hingga lima tahun ke depan.

Perlu diketahui bahwa biaya ganti plat mobil ini belum termasuk pembayaran SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) yang berguna untuk menjamin korban kecelakaan yang diakibatkan kendaraan tersebut.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.