Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus Sebut Konsumen Sedan Premium Masih Loyal di Tengah Tren SUV

Kompas.com - 22/07/2024, 09:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Mobil jenis sport utility vehicle (SUV) semakin banyak pilihannya, baik dari kelas entry level hingga premium. Meski demikian, Lexus Indonesia tidak takut konsumen sedan terus tergerus.

Lexus Indonesia termasuk salah satu pabrikan yang masih menawarkan mobil jenis sedan, khususnya di kelas premium. Pasalnya, konsumen di segmen ini masih ada yang setia dengan mobil jenis tersebut.

Baca juga: Tak Hanya Incar Kalangan Bos, Lexus Mulai Gaet Gen Z

General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma, mengatakan, jika dilihat dari satu dekade lalu, komposisi sedan itu untuk segmen mobil mewah mencapai 80 persen. Sekarang menurun hingga 40 persen, didominasi oleh SUV.

Lexus LS 500hFoto: Moladin Lexus LS 500h

"Sebab, jika dilihat memang dari situasi jarak, kemudian juga produk SUV sekarang sudah lebih nyaman, lebih bergaya, dan fitur sudah menyamai sedan. Itu menyebabkan tren SUV bahwa konsumen sudah bisa melihat lebih jauh," ujar Bansar, kepada wartawan, saat ditemui di booth Lexus, pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, belum lama ini.

Menurut Bansar, yang terjadi hanyalah perbedaan kelebihan SUV dibandingkan sedan. Tapi, dia juga meyakini bahwa sedan tetap ada konsumen loyalnya. Bansar mengatakan, tren SUV bisa semakin meningkat karena kesesuaian dengan kondisi di Indonesia, sehingga semua merek berlomba-lomba untuk meluncurkan SUV.

Lexus LBX di GIIAS 2024Kompas.com/Adityo Lexus LBX di GIIAS 2024

Baca juga: Lexus Siap Geser BMW Jadi Pemimpin Pasar Mobil Premium

"Termasuk juga sebenarnya LBX ini bisa dikatakan SUV ringkas. Sebab, untuk jarak terendah ke tanahnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan sedan. Jadi, memang trennya saat ini lebih banyak ke SUV, dilihat dari kondisi dan preferensi, terutama di pasar Indonesia," kata Bansar.

Saat ini, Lexus Indonesia memasarkan dua model sedan, yakni ES 300h yang dibanderol Rp 1,367 miliar (OTR Jakarta) dan LS 500h yang harganya Rp 3,762 miliar (OTR Jakarta). Keduanya adalah kendaraan elektrifikasi dengan teknologi hybrid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau