Kompas.com - 16/09/2021, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2021, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, transportasi menjadi sektor penting dalam mewujudkan visi Indonesia Emas di 2045.

Untuk mewujudkan visi itu, Budi menjelaskan Kemenhub berupaya membangun infrastruktur transportasi guna menciptakan konvektivitas di segala sektor, termasuk darat dengan fasilitas penunjangnya.

Bahkan di masa pandemi Covid-19, pembangunan sarana terus dilakukan, mulai dari beberapa pelabuhan sampai proyek proving ground di Bekasi, yang digadang-gadang jadi tempat pengujian kendaraan terbesar di ASEAN.

Baca juga: Tanpa Pengawalan Polisi, Pelat Nomor Dewa Tak Punya Hak Istimewa

Proving Ground Uji Kendaraan di BekasiKemenhub Proving Ground Uji Kendaraan di Bekasi

"Infrastruktur transportasi merupakan tolok ukur dalam menunjang proses perkembangan suatu wilayah," ucap Budi dalam keterangan resminya, Rabu (15/9/2021).

Selain proyek proving ground, untuk transportasi darat, Budi juga menjelaskan bila pihaknya telah melakukan ragam inovasi dan terobosan miningkatkan pelayanan.

Contoh seperti program subsidi angkutan datar melalui buy the service (BTS). Inovasi lainnya yang sedang didorong terkait penggunaan teknologi ramah lingkungan, yakni pengembangan sarana transportasi berbasis listrik.

Baca juga: Lapis Ganjil Genap, Kemenhub Kaji Aturan 4 in 1 di Kawasan Puncak

Pelepasan uji coba bus listrik Transjakarta rute Blom M-Balai Kota, Jumat (10/9/2021)Dok PT Transjakarta Pelepasan uji coba bus listrik Transjakarta rute Blom M-Balai Kota, Jumat (10/9/2021)

 

Seperti diketahui, dalam ruang lingkupnya Kemenhub juga sudah mulai menggunakan kendaraan listrik sebagai langkah sosialisasi.

"Ke depannya, pembangunan transportasi dilakukan dengan mengusung konsep berkelanjutan yang mencakup aspek keselamatan, terjangkau, aksesibilitas tinggi, dan rendah polusi," ujar Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.