Syarat Perjalanan Darat Selama PPKM Level 2, 3, dan 4 di Daerah Aglomerasi

Kompas.com - 12/08/2021, 09:12 WIB
Pemeriksaan syarat perjalanan Jasa MargaPemeriksaan syarat perjalanan

JAKARTA, KOMPAS.com – Melakukan perjalanan keluar kota saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) memang memiliki beberapa syarat, misalnya menunjukkan kartu vaksin dan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Lalu, bagaimana jika bepergian dalam satu daerah aglomerasi seperti Jabodetabek? Apakah syarat seperti menunjukkan kartu vaksin dan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen juga berlaku?

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, syarat perjalanan di daerah aglomerasi selama PPKM masih mengacu pada Surat Edaran Nomor 56 Tahun 2021.

Baca juga: Menepi Terlalu ke Pinggir, Ambulans Terperosok ke Jurang

Petugas kepolisian melakukan penyekatan di ruas Jalan Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, untuk membatasi mobilitas warga, Selasa (3/8/2021).KOMPAS.COM/IDON Petugas kepolisian melakukan penyekatan di ruas Jalan Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, untuk membatasi mobilitas warga, Selasa (3/8/2021).

“Untuk syarat perjalanan darat, belum ada perubahan, masih tetap sama,” ucap Budi kepada Kompas.com, Selasa (10/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam SE Nomor 56, pelaku perjalanan di wilayah aglomerasi hanya bisa dilakukan untuk kepentingan sektor esensial dan kritikal.

Pelaku perjalanan tidak diwajibkan untuk menunjukkan kartu vaksin dan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Baca juga: Lawas, Iklan Toyota Kijang Buaya 1981 dengan Jaja Miharja

Namun, para pelaku perjalanan di wilayah aglomerasi harus mengantongi beberapa dokumen. Pertama, ada Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) atau surat keterangan lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat.

Atau, bisa juga dengan surat tugas yang ditandatangani oleh pimpinan perusahaan atau pejabat minimal eselon 2 dan berstempel basah atau tanda tangan elektronik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.