Lawas, Iklan Toyota Kijang Buaya 1981 dengan Jaja Miharja

Kompas.com - 11/08/2021, 09:22 WIB
Toyota Kijang Buaya tahun 1980 instagram.com/andrya2motorToyota Kijang Buaya tahun 1980

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Kijang merupakan salah satu mobil keluarga paling legendaris di Indonesia. Lahir pada 1977, Kijang terus berevolusi sampai pada model Kijang Innova.

Kijang dianggap cocok dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang senang mobil berkapasitas banyak. Memiliki desain yang luas, serta aplikasi ruang sesuai kebutuhan.

Awal mula kisah Toyota Kijang tidak dapat dipisahkan dari dorongan pemerintah untuk mengembangkan Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KBNS) pada era 70-an.

Baca juga: Tol Ciawi Tembus ke Cibadak Akhir 2021, Jakarta-Sukabumi Cuma 2 Jam

https://www.tiktok.com/@hambrgerr/video/6994015453450341659?lang=en&is_copy_url=0&is_from_webapp=v1&sender_device=pc&sender_web_id=6903023049630975490

 

KBNS merupakan kendaraan serbaguna dengan harga yang bisa dijangkau seluruh lapisan masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dokumentasi mengenai Kijang pun banyak tersebar di dunia maya. Seperti video yang memperlihatkan iklan televisi Toyota Kijang pada tahun 1981.

Video yang diunggah akun TikTok @hambrgerr itu memperlihatkan Kijang Buaya sebutan Kijang model itu dengan bintang iklan aktor serta penyanyi dangdut Jaja Mihardja.

Sesuai tujuannya waktu itu, iklan itu menjelaskan mengenai keunggulan Kijang, seperti tangguh untuk kegiatan usaha membawa barang berat, serta mobil angkutan kantor.

Sekilas mengenai Kijang Buaya diproduksi antara 1977-1981. Kijang generasi pertama ini diluncurkan pada Pekan Raya Jakarta 1977.

Baca juga: Ada Agya GR Sport, Bagaimana dengan Harga Agya Bekas?

Iklan Toyota Kijang Buaya 1981Foto: Tangkapan layar Iklan Toyota Kijang Buaya 1981

Mobil ini menjadi pesaing dari Mitsubishi Colt yang menjadi kendaraan yang mendominasi pasar mobil minibus di Indonesia pada saat itu.

Model ini sering dijuluki Kijang Buaya karena model buka-tutup kap mesin depan yang mirip dengan mulut buaya apabila kap mesin depan sedang dibuka.

Pada awal peluncurannya, total produksi Kijang hanya berjumlah 1.168 unit. Kemudian, perlahan-lahan, jumlahnya meningkat menjadi 4.624 unit pada tahun 1978.

Jumlah produksi Kijang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Kijang Buaya menggunakan mesin berkode 3K berkuatan 1.2 liter atau 1.166cc dengan transmisi manual 4 percepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.