Update Harga Mobil Murah Toyota Agya dan Calya di Makassar

Kompas.com - 12/08/2021, 07:12 WIB
New Agya tampil perdana secara publik di IIMS 2017 Ghulam Nayazri/OtomaniaNew Agya tampil perdana secara publik di IIMS 2017

MAKASSAR, KOMPAS.com - Mobil murah ramah lingkungan atau juga dikenal dengan istilah low cost green car (LCGC) jadi incaran sebagian masyarakat Indonesia.

Kondisi pandemi yang belum selesai membuat sebagian orang menghemat biaya untuk membeli mobil pribadi.

Baca juga: Deretan Bus Tingkat Karoseri New Armada Di Indonesia

Dengan harga yang murah pengenalan LCGC di Indonesia dimaksudkan untuk mengembangkan kendaraan dengan banderol terjangkau dan ramah lingkungan bagi kalangan menengah ke bawah.

Spesifikasi LCGC diatur oleh Kementerian Perindustrian pada tahun 2013 dengan spesifikasi awal untuk mesin bensin, kapasitas berkisar 980 sampai 1.200 cc dengan konsumsi bahan bakar tidak lebuh rendah dari 20 Km/l dengan bahan bakar RON 92.

Toyota Calya Facelift 2019 Toyota Calya Facelift 2019

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun perlu dicatat, mobil dengan jenis LCGC tidak masuk dalam keringanan pajak 0 persen seperti yang ditentukan oleh Peraturan Menteri Perekonomian (Kemenperin) No 169 tahun 2021. Sebab, LCGC sudah mendapatkan keringanan pajak lebih dulu, dan baru Oktober 2021 dikenakan PPnBM 3 persen.

Baca juga: [VIDEO] Canggih, Toyota Land Cruiser 300 Pakai Sensor Sidik Jari

Toyota sebagai salah satu produsen mobil yang meramaikan pasar otomotif Indonesia mengusung dua model mobil untuk mengisi segmen LCGC, yakni Agya dan Calya.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, Agya dan Calya merupakan hasil kolaborasi Toyota bersama Daihatsu yang mengusung Ayla dan Sigra untuk segmen mobil yang sama.

Agya maupun Calya dibekali dengan mesin berkapasitas 1.200 cc. Berbeda dengan kembarannya dari Daihatsu, Ayla dan Sigra, yang punya pilihan mesin 1.000 cc.

Toyota Agya TRD Sportivo bekas lansiran tahun 2020 Toyota Agya TRD Sportivo bekas lansiran tahun 2020

Lantas untuk sistem transmisinya, Agya sebagai mobil 5-seater memiliki pilihan sistem transmisi baik manual maupun matik untuk semua tipenya.

Baca juga: Tim Balap Ayah Maverick Vinales Juga Cerai dari Yamaha

Sementara bagi konsumen yang menginginkan Calya bertransmisi matik hanya bisa memilih tipe tertingginya saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.