PPKM Level 4, Ini Cara Mudah Rawat Jok Mobil Sendiri

Kompas.com - 21/07/2021, 18:11 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi memperpanjang masa PPKM Darurat yang berganti jadi PPKM Level 4 sampai 25 Juli 2021. Waktu di rumah bisa dimanfaatkan untuk merawat kendaraan seperti interior mobil.

Merawat interior mobil bisa dilakukan sendiri. Bahkan untuk jok yang sudah memakai kulit sintetis tidak perlu membutuhkan peralatan khusus, cukup dilap dengan lap basah.

"Untuk merawat jok mobil kulit sintetis itu mudah. Cukup dilap saja sudah aman," kata Dana Iswanto Brand Manager MBtech Synthetic Leather, PT Polystar International, kepada Kompas.com, Senin (19/7/2021).

Baca juga: Tiruan Kawasaki Z1000 Versi China, Ini Dayun Chi 302

Interior Mobil yang Pakai Bahan dari MBtechAditya Maulana - Otomania Interior Mobil yang Pakai Bahan dari MBtech

Jika ingin lebih bersih, kata Dana, bisa ditambahkan cairan pembersih atau sabun dengan PH rendah.

"Kalau ada noda sedikit membandel atau ingin lebih bersih pakai sabun dengan PH rendah seperti misalkan sampo bayi. Kalau PH tinggi konsentratnya tinggi takutnya akan menggikis lapisan kulit," katanya.

Dana menjelaskan, kulit sintetis diibaratkan seperti kue yang punya berbagai lapisan. Lapisan paling atas atau top coating akan rusak jika pakai sabun PH tinggi.

"Ditakutkannya seperti itu. Walau pakai sabun biasa sebetulnya masih aman. Tapi kalau biar benar-benar tahan lama pakai PH rendah," katanya.

Baca juga: Saat Mobil Parkir, Apa Perlu Membuka Kaca Jendela?

Model berpose saat peluncuran pelapis jok seri premium dari MBTech di The Terrace Golf Senayan, Kamis (20/2/2014).KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Model berpose saat peluncuran pelapis jok seri premium dari MBTech di The Terrace Golf Senayan, Kamis (20/2/2014).

Setelah dilap dengan lap basah kata Dana, jangan lupa mengelap lagi sampai permukaan kulit jok benar-benar kering.

Dana mengatakan, kelebihan kulit sistetik yaitu bisa dibuat sedemikian rupa sesuai kebutuhan. Sehingga kulit sintetis punya keunggulan tersendiri ketimbang kulit asli.

"Keunggulannya pertama dia tidak ada pori-pori, dan kedua ada anti UV. Tahan terhadap perubahan suhu. Di beberapa line up kita juga anti mikroba atau anti kuman," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.