Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Periksa Kesehatan Aki Mobil secara Rutin

Kompas.com - 24/04/2024, 16:11 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Salah satu bagian mobil yang perlu diperiksa kondisinya secara rutin adalah aki. Pasalnya, mobil dengan aki tidak sehat berpotensi mengalami mogok di perjalanan.

Terlebih lagi, mobil dengan jam terbang tinggi maka akan ada potensi penguapan air aki lebih banyak daripada pemakaian wajar.

Wawan, Pemilik One Aki Ceper, Klaten, mengatakan, pemeriksaan aki mobil secara rutin termasuk perawatan ringan yang memiliki banyak manfaat.

Baca juga: Layanan Bengkel Panggilan 24 Jam Semarang, Tarif Layanan Kompetitif

Hascar Service, bengkel panggilan 24 jam SemarangTangkapan layar Hascar Service, bengkel panggilan 24 jam Semarang

“Pemeriksaan kondisi aki di toko kami tidak dikenakan tarif layanan, atau gratis, lantaran memang caranya mudah, bila konsumen memiliki alatnya tentu bisa melakukan sendiri di rumah,” ucap Wawan kepada Kompas.com, Rabu (24/4/2024).

Wawan mengatakan, pemeriksaan aki meliputi kondisi fisiknya serta kemampuannya dalam menyimpan arus listrik.

“Dengan alat accu tester, maka kesehatan aki dapat diperiksa berapa persen kemampuan dalam menyimpan arus, berapa volt kondisi siaga, dan berapa tegangan jatuh saat dipakai start engine,” ucap Wawan.

Baca juga: Alasan Bengkel Panggilan 24 Jam Pasang Tarif Lebih Mahal


Wawan mengatakan, pemeriksaan aki secara rutin bermaksud mengontrol kesehatannya sehingga konsumen bisa segera mengganti atau memperbaikinya bila memang sudah jelek.

“Selain dengan cara pengukuran, kesehatan aki juga bisa dilihat dari kondisi fisiknya yakni apakah ada terjadi penguapan berlebih, bodinya kembung serta adanya kerak di area terminalnya,” ucap Wawan.

“Usia pakai aki juga berpengaruh pada kesehatan, umumnya aki mulai rusak setelah dipakai 1 tahun setengah atau dua tahun, ini terjadi karena kerusakan internal karena pemakaian,” ucap Wawan.

Jadi, untuk menghindari mogok di perjalanan dan tidak mengganggu mobilitas, sebaiknya aki diperiksa secara rutin secara mandiri atau datang ke ahli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com