Alasan Mengapa Sebaiknya Menghindari Truk di Jalan Menurun

Kompas.com - 21/07/2021, 11:42 WIB
Ilustrasi truk terguling KOMPAS/WISNU WIDIANTOROIlustrasi truk terguling

JAKARTA, KOMPAS.comTruk merupakan kendaraan yang besar dengan membawa muatan yang berat. Selain itu tidak jarang terdengar soal kecelakaan truk di jalanan menurun karena kehilangan kendali.

Tentu saja kecelakaan yang melibatkan truk bisa sangat berbahaya, bahkan mematikan. Lantas, sebagai sesama pengguna jalan, ada anjuran agar lebih baik menghindari truk ketika berada di jalan menurun.

Lalu mengapa truk bisa kehilangan kendali di jalanan menurun?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ada tiga kemungkinan penyebab truk kehilangan kendali saat melewati jalan menurun.

Baca juga: Mengenal Microbus, Berukuran Lebih Kecil dari Medium Bus

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pertama, kendaraannya free wheels, sehingga meluncur deras sesuai dengan derajat kemiringan jalannya,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Free wheels atau roda bebas bisa terjadi karena posisi tuas transmisi ada di netral atau pengemudi menginjak kopling saat melewati jalan menurun. Kemungkinan kedua adalah truk yang gagal mengerem.

“Truk gagal mengerem karena rem terlalu panas. Sehingga fungsi dari rem tidak bekerja sama sekali alias blong,” kata Sony.

Baca juga: Pedrosa Resmi Balapan Lagi Bela KTM pada MotoGP Styria

Ilustrasi truk.SHUTTERSTOCK Ilustrasi truk.

Ketiga, pengemudi bisa saja kurang berpengalaman ketika melewati jalanan menurun. Sehingga ketika mengalami rem blong, pengemudi tidak bisa mengantisipasi dengan benar dan aman.

“Cara memperlambat lajunya yaitu dengan menarik parking brake atau menurunkan gigi. Memang belum tentu selamat, tapi minimal bisa menekan risiko kecelakaan,” ucapnya.

Selain itu, prosedur melewati jalan yang menurun harus dikuasai oleh semua pengemudi truk. Misalnya seperti menggunakan gigi rendah sebelum melewati jalan menurun, sehingga ada engine brake yang membantu pengendalian truk.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X