Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Mobil Parkir, Apa Perlu Membuka Kaca Jendela?

Kompas.com - 20/07/2021, 11:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Imbas dari lonjakan virus Covid-19, membuat pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali sejak 3 hinga 20 Juli 2021.

Masyarakat pun di imbau untuk tidak keluar rumah selama kurang lebih dua pekan. Kondisi ini otomatis akan membuat mobil kesayangan jarang digunakan dan hanya menganggur di parkiran.

Ada anggapan yang beredar, saat mobil parkir dalam waktu panjang sebaiknya kaca diturunkan sedikit. Tujuannya agar ada sirkulasi udara dari luar sehingga mobil tidak apek meski jarang dipakai.

Baca juga: Imbas Krisis Semikonduktor, Produksi Otomotif dan Suku Cadang Melambat

Lantas apakah anggapan tersebut benar adanya atau hanya sekadar mitos belaka?

Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha mengatakan, anggapan tersebut hanya mitos belaka.

Kondisi mobil Suzuki Grand Vitara yang parkir di Bandara Adi Soemarmo lebih dari enam bulan. Lamanya waktu parkir membuat tagihan tarif parkir mencapai lebih dari Rp 10 juta.KOMPAS.COM/Ari Purnomo Kondisi mobil Suzuki Grand Vitara yang parkir di Bandara Adi Soemarmo lebih dari enam bulan. Lamanya waktu parkir membuat tagihan tarif parkir mencapai lebih dari Rp 10 juta.

“Saat parkir, kaca diturunkan sedikit tentunya hanya mitos saja. Mungkin tujuannya adalah agar ada sirkulasi udara, tapi sebenarnya sirkulasi udara di dalam mobil sudah ada,” ucap Sapta, belum lama ini saat dihubungi Kompas.com.

Menurut Sapta, untuk mengeluarkan udara panas saat masuk ke mobil setelah parkir, lebih baik dilakukan ketika pengemudi berada di dalam mobil dengan membuka kaca dan menyalakan AC.

Baca juga: Toyota Aqua, Hybrid Terbaru Dibanderol Mulai Rp 260 Jutaan

“Menurunkan kaca mobil justru bisa jadi kontra produktif, sebab bisa jadi kemasukan benda asing atau justru memicu tindak kejahatan. Kondisi ini akan semakin parah jika mobil di harasi tanpa atap seperti car port di depan rumah.

Selain itu, menurut Sapta jika kaca dibuka mengundang kerawanan dan berpotensi terkena air, misalnya saat hujan turun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com