PPKM Diperpanjang, Penyekatan di Jabodetabek Masih Berlaku

Kompas.com - 21/07/2021, 07:22 WIB
Ilustrasi penyekatan di jalan tol Jakarta-Cikampek Dok. Jasa MargaIlustrasi penyekatan di jalan tol Jakarta-Cikampek

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah resmi memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat guna menekan penyebaran virus corona alias Covid-19 di dalam negeri, khususnya Jawa-Bali.

Keputusan tersebut diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui konferensi virtual, Selasa (20/7/2021). Adapun perpanjangannya sendiri sampai 25 Juli 2021.

Sejalan dengan hal ini, aturan pembatasan mobilitas otomatis kembali berlaku, sebagaimana dikatakan Kakorlantas Polri Irjen Istiono.

Baca juga: Aturan Perjalanan Darat Masih Berlaku, PPKM Darurat Dibuka Bertahap Pekan Depan

Polisi memgecek dokumen pendukung Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode larangan mudik 6-17 Mei 2021Dok. PT Jasamarga Polisi memgecek dokumen pendukung Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada periode larangan mudik 6-17 Mei 2021

Dijelaskan, secara umum terdapat 1.038 titik penyekatan pada masa PPKM darurat dan libur Idul Adha tahun ini. Semuanya terletak pada wilayah Lampung, Jawa, dan Bali.

"Untuk operasional transportasi darat di wilayah Jabodetabek, total terdapat sembilan titik penyekatan yang terletak pada akses masuk dan keluar ruas Tol Jakarta-Cikampek," katanya dalam keterangan tertulis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Istiono menyebutkan, kesembilan titik itu tersebar di Gerbang Tol Bekasi Barat 1, Bekasi Timur 2, Tambun, Cikarang Barat 4, Cikarang Timur, Cibatu, Karawang Barat 1, Karawang Timur 1, dan Cikampek.

Adapun pengguna kendaraan yang akan melintas di titik penyekatan itu harus memenuhi sejumlah persyaratan. Pengguna kendaraan misalnya harus menggunakan masker dan mengantongi kartu vaksinasi dosis pertama.

"Sebenarnya saat ini belum ada langkah-langkah untuk menyiapkan kebijakan baru. Jadi kami masih menggunakan aturan yang sudah diterapkan sebelumnya," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Baca juga: Perawatan Sepeda Motor Sendiri di Masa PPKM Darurat

Penyekatan PPKM Darurat di Km 31 Tol Jakarta-CikampekKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Penyekatan PPKM Darurat di Km 31 Tol Jakarta-Cikampek

Maka, persyaratan selain kartu vaksinasi ialah pengguna kendaraan harus memiliki hasil tes PCR negatif yang berlaku 2×24 jam atau rapid tes antigen yang berlaku 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Kemudian, juga wajib mengantongi serta Surat Tugas/Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP).

Saat PPKM darurat, kendaraan yang melewati titik penyekatan juga memuat maksimal 50 persen jumlah penumpang.

Kendaraan yang tidak memenuhi persyaratan akan dialihkan keluar melalui Gerbang Tol Cikarang Barat 3.



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X