Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pegang Setang Sepeda Motor yang Benar agar Tidak Mudah Terjatuh

Kompas.com - 20/07/2021, 10:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor adalah keahlian yang bisa dilatih. Pengendara sepeda motor dengan keahlian dan pengetahuan tentang berkendara akan lebih aman baik dari diri sendiri atau pengendara lain.

Salah satu yang perlu dipahami adalah cara pemegangan setang sepeda motor. Masih ada orang yang memegang setang motor dengan tangan terbalik yang membahayakan bagi diri sendiri dan orang lain.

Baca juga: Arti Kode Lampu Sein yang Digunakan Bus Malam di Trans-Jawa

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, mengendarai sepeda motor dengan posisi memegang kemudi yang salah akan berisiko terhadap kurangnya antisipasi jika terjadi sesuatu di jalan raya.

Cara menggenggam kemudi yang salah Facebook Moko Al Juasof Cara menggenggam kemudi yang salah

"Jadi cara seseorang memegang kemudi itu untuk menjaga keseimbangan dengan baik. Selain itu, agar pengendara lebih mudah dalam melakukan manuver," kata Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Untuk cara memegang kemudi motor yang benar, pengendara sebaiknya meletakkan ibu jari di bagian bawah hand grip dan telapak tangan menghadap ke bawah, supaya ketika ada gangguan seperti jalan rusak atau berlubang, pegangan pengemudi lebih kuat.

Baca juga: Jokowi Bilang Jalan Masih Ramai, Ini Tanggapan Korlantas Polri

Jika memegang throttle gas dengan telapak tangan menghadap ke atas dan ibu jari berada di atas handle, dikhawatirkan saat ada lubang atau jalanan rusak pegangan kemudi akan terlepas. Apalagi jika jalan yang dilewati licin, jika tidak kuat pada saat memegang setang, bisa saja tidak siap bermanuver sehingga terjadi kecelakaan.

Pentingnya gunakan riding gear yang lengkap saat berkendaraimambudi Pentingnya gunakan riding gear yang lengkap saat berkendara

"Kemudian berikan jarak satu jari pada bagian dalam setang motor. Jangan terlalu rapat ke bagian dalam, supaya pergerakan ketika narik gasnya itu lebih nyaman," ucap Agus.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Honda CB190TR Meluncur, Tampang Neo Retro | Ini Syarat Perjalanan ke Luar Kota Saat Libur Idul Adha

Posisi jari yang aman dalam memegang kemudi juga harus menggenggam secara keseluruhan ke tuas gas. Ketika akan melakukan pengereman, baru lakukan pengereman dengan menggunakan empat jari agar gas tertutup penuh dan membantu dalam pengereman.

Tidak disarankan untuk menaruh jari tangan di handle rem sepeda motor, hal itu dikhawatirkan akan membuat genggaman pada setang motor tidak terlalu kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com