Pembangunan Sirkuit Mandalika Disebut Lamban, Ini Kata MGPA

Kompas.com - 19/07/2021, 14:21 WIB
Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika di bulan April dok BBC IndonesiaPerkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika di bulan April
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekerjaan konstruksi pembangunan Sirkuit Mandalika, Lombok, dilaporkan sudah mencapai 80 persen. Saat ini pengembang terus menggenjot penyelesaian.

Pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) akhirnya buka suara, menjawab banyak pertanyaan mengenai mengapa pembangunan sirkuit terkesan lama. 

Dalam postingan resmi, pihak MGPA mengatakan bahwa pekerjaan konstruksi bukan hanya soal kecepatan tapi juga kualitas pengerjaan yang dilakukan.

Baca juga: Skutik Retro Modern, Pilih Honda Scoopy atau Genio

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MGPA Official #TheMandalikaGP (@themandalikagp)

"Okay jadi begini, ada banyak banget pekerjaan konstruksi di Sirkuit Mandalika yang harus selesai tepat sesuai dengan target," tulis MGPA dikutip Kompas.com, Senin (19/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bukan cuma harus mencapai target, tapi kualitas pekerjaan harus betul-betul sesuai standard requirements dari FIM," tulisnya.

Sampai pertengahan Juli 2021, ada enam dari delapan pekerjaan khusus trek yang sudah hampir selesai 100 persen.

Desain atap bangunan Race Control di Sirkuit Mandalika terinspirasi dari desain atap Bale Lumbung, rumah adat Desa Sasak Sade di Lombok TengahDok. MGPA Desain atap bangunan Race Control di Sirkuit Mandalika terinspirasi dari desain atap Bale Lumbung, rumah adat Desa Sasak Sade di Lombok Tengah

"Pertengahan Juli ini progress kumulatif pekerjaan konstruksi sudah mencapai 81,42 persen, dengan pekerjaan yang hampir 100 persen selesai antara lain run-off gravel (99 persen), run-off grass (95 persen), tunnel & retaining wall utara (98 persen), outer & inner service road (95 persen) dan pemasangan concrete barrier (99 persen)," katanya.

Adapun pekerjaan lain juga tetap jalan berdampingan seperti pengerjaan aspal dan track lane yang ditargetkan selesai akhir Juli 2021.

Baca juga: Ini Efek Buruk Sering Gantung Helm di Spion Motor

"Bukan cuma pekerjaan trek, tapi infrastruktur pendukung event pun sedang dikerjakan seperti race control yang mencapai 74 persen dan pekerjaan medical center modular yang dalam tahap penyelesaian," katanya.

Desain atap bangunan Race Control di Sirkuit Mandalika terinspirasi dari desain atap Bale Lumbung, rumah adat Desa Sasak Sade di Lombok TengahDok. MGPA Desain atap bangunan Race Control di Sirkuit Mandalika terinspirasi dari desain atap Bale Lumbung, rumah adat Desa Sasak Sade di Lombok Tengah

Melihat kemajuan tersebut, secara implisit pihak MGPA mengatakan semua sudah terukur dan berjalan sesuai rencana.

"Secepat itu dong, jadi semua tetap butuh proses yaa, apalagi Sirkuit ini bakal jadi Sirkuit grade A yang mantep banget keamanan, kenyamanan dan fasilitasnya," tulisnya.

Hingga kini, Sirkuit Mandalika masih tercatat atau masuk dalam kalender balap WorldSBK 2021. Rencananya, balapan akan digelar pada 12-14 November 2021.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X