Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skutik Retro Modern, Pilih Honda Scoopy atau Genio

Kompas.com - 19/07/2021, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda punya beberapa skutik di kelas 110cc, salah satunya ialah Honda Scoopy dan Genio. Sekilas keduanya mirip-mirip mengusung skema desain retro modern.

Perbedaannya ialah penampilan Scoopy lebih membulat ketimbang Genio. Bisa dikatakan Scoopy ke arah retro modern sedangkan Genio lebih mendekati retro sporty.

Hal tersebut dapat dilihat dari desain keduanya. Lampu depan Scoopy bulat sedangkan Genio ala diamond cut. Pun demikian dengan lampu belakang keduanya yang mengikuti lampu depan.

Baca juga: Habis Bongkar Roda, Begini Aturan Kencangkan Baut Pelek Mobil

Honda Genio KOMPAS.com/Gilang Honda Genio

Perbedaan lainnya ialah soal kaki-kaki. Scoopy memakai pelek 12 inci yang membuat tampilanya berbeda. Adapun Genio pakai pelek 14 inci seperti banyak skutik entry level di kelasnya.

All New Scoopy yang saat ini dijual pertama kali meluncur pada akhir 2020. Adapun Genio yang saat itu memperkenalkan sasis baru eSAF yang juga dipakai Scoopy hadir pertengahan 2019.

Fitur

Lampu depan Scoopy sudah LED. Kemudian seperti skutik Honda yang lain tersedia pengunci rem belakang di dekat tuas rem.

Baca juga: Mengenal Honda Astrea Lawas, Harga Bekasnya Mulai Rp 4 Jutaan

All New Honda ScoopyKOMPAS.com/Gilang All New Honda Scoopy

Panel instrumennya kombinasi antara analog dan digital. Tampilan speedometer pakai jarum tapi untuk odometer, penunjuk bensin dan lainnya digital.

Fitur terbaru pada All New Scoopy ialah sudah pakai smart key system alias tidak pakai anak kunci untuk menghidupkan mesin. Namun fitur ini hanya tersedia pada tipe Stylish dan Prestige.

Selain itu motor juga dilengkapi dengan sistem keamanan anti theft alarm & answer back system untuk memudahkan mencari posisi motor saat tengah parkir di tempat ramai.

Baca juga: Mengenal Hot Seat, Bangku yang Paling Diincar Penumpang Bus

Honda Genio KOMPAS.com/Gilang Honda Genio

Scoopy turut dilengkapi dengan USB charger socket untuk mengisi daya gawai dengan penutup di dalam console box dengan daya maksimal 5V 2,1A

Untuk pembawa barang disediakan pegangan di bagian tengah yang bisa ditekuk. Bagasi dengan kapasitas 15,4 liter. Ban lingkar 12 inci tubeless.

Sama seperti Scoopy, lampu depan Genio juga sudah LED. Panel meter digital mulai dari speedometer, odometer, fuel meter, eco indicator dan logo Genio yang menyala.

Genio menggunakan kunci kontak dengan pengaman. Pada sampingnya ada tombol pembuka jok. Kemudian power charger terletak di dalam bagasi seluas 14 liter.

All New Honda Scoopy KOMPAS.com/Gilang All New Honda Scoopy

Mesin

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com