Arus Balik Liburan, Rest Area Tol Cikampek Km 52B Ditutup Sementara

Kompas.com - 04/04/2021, 11:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki Minggu (4/4/2021), Jasa Marga berencana untuk menutup sementara rest area atau tempat istirahat (TI) Km 52B arah Jakarta.

Keputusan ini diambil untuk menghindari lonjakan pengunjung yang akan meramaikan rest area. Apalagi jika rest area penuh, biasanya akan membuat antrean hingga memakan lajur satu jalan tol.

Widiyatmiko Nursejati, General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, mengatakan, pihaknya pun mengambil langkah antisipatif untuk menghindari lonjakan arus balik kendaraan di ruas tol Jakarta-Cikampek.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Doha, Martin Tercepat, Rossi Start Urutan ke-21

Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/1/2021). Arus balik libur Natal dan Tahun Baru di Tol Jakarta-Cikampek I dan II terpantau ramai lancar. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/1/2021). Arus balik libur Natal dan Tahun Baru di Tol Jakarta-Cikampek I dan II terpantau ramai lancar. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.

“Penutupan sementara TI tersebut akan dilakukan pada hari Minggu, 04 April 2021 pukul 08.00 WIB s.d Senin, 05 April 2021 pukul 08.00 WIB,” ujar Miko, dalam keterangan tertulis (3/4/2021).

Meski begitu, di luar jadwal tersebut petugas operasional akan melakukan buka tutup secara situasional atau sesuai diskresi dari pihak Kepolisian.

“Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya penutupan TI dimaksud,” ucap Miko.

Baca juga: Menhub Sebut Larangan Mudik Lebaran 2021 Dilakukan Secara Tegas

Penutupan rest area di kilometer 52B arah Jakarta, antisipasi kemacetan selama libur Natal dan Tahun Baru, Minggu (27/12/2020).Dokumentasi Humas Jasa Marga Penutupan rest area di kilometer 52B arah Jakarta, antisipasi kemacetan selama libur Natal dan Tahun Baru, Minggu (27/12/2020).

“Kami mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol, tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan,” katanya.

Untuk diketahui, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 351.256 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-1 dan H libur Jumat Agung (1-2 April 2021).

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Baca juga: Mengapa Nama PO Bus di Sumatera Kerap Pakai Singkatan

Ilustrasi arus lalu lintas di jalan tol Jakarta-CikampekDok. Jasa Marga Ilustrasi arus lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek

Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 25,16 persen jika dibandingkan lalin normal.

Dengan tingginya arus lalu lintas kendaraan yang keluar dari Jakarta sejak beberapa hari yang lalu, diprediksi arus balik tidak akan kalah tingginya.

Oleh sebab itu, pengguna jalan diimbau untuk melakukan persiapan dengan mengisi penuh BBM dan mengisi saldo uang elektronik sebelum masuk jalan tol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.