Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arus Balik Liburan, Rest Area Tol Cikampek Km 52B Ditutup Sementara

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki Minggu (4/4/2021), Jasa Marga berencana untuk menutup sementara rest area atau tempat istirahat (TI) Km 52B arah Jakarta.

Keputusan ini diambil untuk menghindari lonjakan pengunjung yang akan meramaikan rest area. Apalagi jika rest area penuh, biasanya akan membuat antrean hingga memakan lajur satu jalan tol.

Widiyatmiko Nursejati, General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, mengatakan, pihaknya pun mengambil langkah antisipatif untuk menghindari lonjakan arus balik kendaraan di ruas tol Jakarta-Cikampek.

“Penutupan sementara TI tersebut akan dilakukan pada hari Minggu, 04 April 2021 pukul 08.00 WIB s.d Senin, 05 April 2021 pukul 08.00 WIB,” ujar Miko, dalam keterangan tertulis (3/4/2021).

Meski begitu, di luar jadwal tersebut petugas operasional akan melakukan buka tutup secara situasional atau sesuai diskresi dari pihak Kepolisian.

“Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya penutupan TI dimaksud,” ucap Miko.

“Kami mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol, tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan,” katanya.

Untuk diketahui, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 351.256 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-1 dan H libur Jumat Agung (1-2 April 2021).

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 25,16 persen jika dibandingkan lalin normal.

Dengan tingginya arus lalu lintas kendaraan yang keluar dari Jakarta sejak beberapa hari yang lalu, diprediksi arus balik tidak akan kalah tingginya.

Oleh sebab itu, pengguna jalan diimbau untuk melakukan persiapan dengan mengisi penuh BBM dan mengisi saldo uang elektronik sebelum masuk jalan tol.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/04/113100815/arus-balik-liburan-rest-area-tol-cikampek-km-52b-ditutup-sementara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke