Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Libur Imlek, Korlantas Gelar Swab Antigen Acak di Rest Area Tol

Kompas.com - 10/02/2021, 12:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri akan menggelar tes swab antigen secara acak di area peristirahatan alias rest area ruas tol Pulau Jawa selama periode libur Tahun Baru China.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran virus corona atau Covid-19. Sebab, diproyeksikan bahwa akan terjadi lonjakkan arus perpindahan orang dan lalu lintas.

"Kita melakukan pengecekkan hari ini di Terminal Pulo Gebang untuk penumpang kendaraan umum. Mereka harus melaksanakan rapid test atau dengan random cek," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dalam keterangannya, Selasa (9/2/2021).

Baca juga: Kenali Perbedaan Sanksi Pengendara Tidak Membawa SIM dan Tak Punya SIM

Parkiran mobil terapkan physical distancing di rest areaJasa Marga Parkiran mobil terapkan physical distancing di rest area

"Kemudian yang kendaraan pribadi, kami bisa laksanakan tes dengan random," lanjut dia.

Istono mengatakan bahwa langkah ini sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021 yang mengatur soal pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro.

Pembatasan yang berlaku hingga 22 Februari 2021 itu dilaksanakan di beberapa lokasi keberangkatan pemudik jelang Imlek, yaitu Terminal Pulo Gebang dan Stasiun Gambir.

"Beberapa moda transportasi yang kami tinjau tadi kesiapannya sudah maksimal sekali, sudah bagus," ujar dia.

Lagipula, seluruh penumpang Stasiun Gambir harus menunjukkan hasil swab antigen.

Baca juga: Catat, Ini Mekanisme Klaim Kerugian di Jalan Tol Jasa Marga

Tes cepat antigen Covid-19 di perbatasan Banyumas dan Purbalingga, tepatnya di Desa Jompo, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (21/1/2021) sore.KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN Tes cepat antigen Covid-19 di perbatasan Banyumas dan Purbalingga, tepatnya di Desa Jompo, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (21/1/2021) sore.

Pada kesempatan sama, Istiono memprediksi puncak arus mudik pada libur akhir pekan yang bertepatan dengan Tahun Baru China ini bakal terjadi pada Kamis, 11 Februari 2021 dengan mayoritas tujuan mudik Jawa Tengah dan DIY.

"Kalau kita lihat antrean tiketnya itu nanti puncaknya hari Kamis tujuan Yogya dan Solo," paparnya.

Pihak Korlantas Polri juga disebut sudah siap menjaga arus lalu lintas pada jalur mudik supaya pengendara yang memanfaatkan liburan dapat melakukannya dengan lancar, aman, dan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com