Mengenal Sejarah Livery Speed Block Yamaha

Kompas.com - 12/03/2021, 11:02 WIB
Yamaha YZR-M1 dengan livery legendaris paduan warna merah-putih dan motif speedblock Foto: Twitter @denkmitYamaha YZR-M1 dengan livery legendaris paduan warna merah-putih dan motif speedblock

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sesi tes musim ini, Cal Crutchlow sebagai test rider Yamaha menggunakan livery spesial pada YZR-M1. Livery dengan motif "Speed Block" tersebut digunakan untuk memperingati 60 tahun Yamaha turun di ajang balap grand prix.

Motif Speed Block ini juga beberapa kali digunakan Yamaha di ajang MotoGP. Tentunya tetap sebagai bentuk perayaan dan livery spesial.

Baca juga: Cal Crutchlow Jajal Yamaha M1 Livery Special Retro

Pada 2005, Valentino Rossi dan rekan setimnya, Colin Edwards, menggunakan livery Speed Block untuk memperingati ulang tahun Yamaha yang ke-50. Livery tersebut digunakan dua kali saat balapan di Laguna Seca (Amerika) dan Valencia (Spanyol).

Livery spesial YZR-M1 dengan motif Speed Block untuk merayakan ulang tahun Yamaha ke-50Dok. Yamaha Livery spesial YZR-M1 dengan motif Speed Block untuk merayakan ulang tahun Yamaha ke-50

Di Laguna Seca, livery Speed Block yang digunakan berwarna hitam dengan background kuning. Sementara di Valencia, menggunakan warna merah dengan background putih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Livery spesial YZR-M1 dengan motif Speed Block untuk merayakan ulang tahun Yamaha ke-50Dok. Yamaha Livery spesial YZR-M1 dengan motif Speed Block untuk merayakan ulang tahun Yamaha ke-50

Pada 2011, Yamaha kembali menggunakan livery Speed Block merah-putih dengan kedua pebalapnya saat itu, Jorge Lorenzo dan Ben Spies. Livery ini digunakan saat balapan di Laguna Seca untuk memperingati 50 tahun Yamaha balapan di grand prix.

Livery spesial YZR-M1 dengan motif Speed Block untuk memperingati 50 tahun Yamaha di Grand PrixDok. Yamaha Livery spesial YZR-M1 dengan motif Speed Block untuk memperingati 50 tahun Yamaha di Grand Prix

Baca juga: Kata Rossi Usai Pakai Motor Baru di Sesi Tes Qatar

Pada 2015, Yamaha tidak menggunakan livery Speed Block saat balapan untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-60. Livery ini hanya digunakan Yamaha melalui Valentino Rossi, saat berpartisipasi di acara Goodwood Festival of Speed di Inggris.

Livery spesial YZR-M1 dengan motif Speed Block untuk merayakan ulang tahun Yamaha ke-60Dok. Yamaha Livery spesial YZR-M1 dengan motif Speed Block untuk merayakan ulang tahun Yamaha ke-60

Livery Speed Block lebih sering digunakan saat balapan di Amerika Serikat. Sebab, motif Speed Block memang lahir di Amerika pada awal tahun '70-an.

Di Amerika, mitra bisnisnya adalah Yamaha International Corporation (YIC), anak perusahaan dari Yamaha Corporation.

Dikutip dari global.yamaha-motor.com, Kamis (11/3/2021), sebagai merek yang kurang dikenal dengan rekam jejak yang pendek, tidak mudah bagi Yamaha untuk bersaing di pasar melawan merek sepeda motor lokal Amerika dan Eropa.

Baca juga: Rossi Coba Sasis Baru pada Sesi Tes Qatar

Untuk itu, YIC memulai kampanye dengan agresif di dunia balap untuk menonjolkan keunggulan produk Yamaha. Pada mesin balapnya, YIC mulai menggunakan skema warna kuning dan hitam yang menonjol karena kontrasnya yang mencolok, dan pola grafik yang dibentuk oleh balok-balok persegi dalam satu garis menyerupai rantai.

Yamaha YZR500 dengan livery Speed Block yang digunakan oleh Kenny RobertsDok. Yamaha Yamaha YZR500 dengan livery Speed Block yang digunakan oleh Kenny Roberts

Awalnya, motif ini sempat disebut dengan Chain Block. Seiring berjalannya waktu, orang-orang lebih mengenalnya dengan Speed Block, yang pada akhirnya menjadi identitas dari tim balap Yamaha.

Dengan prestasi yang ditorehkan oleh Kenny Roberts sebagai pemenang AMA Grand National Champion pada 1973 dan 1974, dan Pierre Karsmakers sebagai pemenang AMA Supercross pada 1974, serta penerusnya, Bob Hannah, berhasil menanamkan citra bahwa motif tersebut adalah motif Yamaha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.